13:00 . 883 CJH Tuban Berangkat Tahun Ini   |   12:00 . Proyek Pipa BAG Diklaim Minim Sosialisasi, Ini Tanggapan Perusahaan   |   11:00 . 82 Masjid ber-SK Belum Lapor Baznas   |   10:00 . Awas !! Gelombang Laut Utara 2,5 Meter   |   09:00 . Ini Status Pengukuran Lahan Kilang Tuban di 3 Desa¬†   |   08:00 . Ini Dia Striker Buruan Persatu   |   07:00 . Bayi Suka Menjulurkan Lidah, Normal Enggak Ya?   |   20:00 . Perdana Buka, Antrean Pengunjung Bioskop Mengular   |   19:00 . Api dari Sampah, Warung di Jalan Pantura Nyaris Ludes Terbakar   |   17:00 . Problematika Penerapan Sistem Zonasi PPDB 2019   |   16:00 . Dinas PM PTSP dan Naker Tuban Cek Kesiapan Bioskop   |   15:00 . Ini Bahasan Konferensi Kepala Desa Se-Kecamatan Soko   |   14:00 . 68 PNS Pensiun, 12 CPNS Terima SK   |   13:00 . Wabup Minta Kontraktor Pemenang Tender Segera Memulai Pengerjaan JLS   |   12:00 . Anggaran Pilkada Tuban 2020 Naik Dua Kali Lipat   |  
Thu, 20 June 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 07 January 2019 14:00

Prostitusi dan Perdagangan Manusia, Apakah Sama?

Prostitusi dan Perdagangan Manusia, Apakah Sama?

Reporter: Mochamad Nur Rofiq 
 
blokTuban.com - Belakangan ini, dunia pemberitaan dihebohkan dengan peristiwa tertangkapnya dua orang pesohor, Vanessa Angel dan model berinisial AS yang disinyalir terjerumus ke dunia prostitusi Online. Keduanya ditangkap di Surabaya pada Sabtu, 5 Januari 2019.
 
Keduanya ditangkap dan tiga orang lainnya di sebuah hotel di Surabaya, Jawa Timur. Salah seorang di antaranya diduga mucikari. Mereka ditangkap pada waktu dan tempat yang sama.
 
Sebenarnya apa sih Prostitusi itu, apakah tergolong kegiatan perdagangan manusia (human trafficking)? 
 
Berdasarkan wawancara blokTuban.com dengan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Tuban, Nurjanah menyebutkan, kegiatan Prostitusi tergolong perdagangan manusia. Sebab, di dalamnya ada paraktik jual beli manusia oleh sang mucikari. 
 
Ancaman hukuman bagi pelaku perdagangan manusia adalah 15 tahun penjara. Sementara berdasarkan Pasal 296 KUHP, pelaku diancam hukuman maksimal 1 tahun 4 bulan penjara.
 
"Prostitusi termasuk jual beli manusia, sebab di dalamnya ada kegiatan memperdagangkan perempuan untuk tujuan eksploitasi seksual," ujar Nurjannah, Senin (7/1/2019).
 
Mantan Camat Jatirogo itu memaparkan, Praktik prostitusi di Indonesia semakin modern. Sebab, praktik haram itu didukung dengan adanya kecanggihan teknologi. 
 
"Saat ini semakin modern ya caranya. Bisa melalui media sosial untuk memperlancar aksinya," tandas wanita ramah itu. 
 
Pihaknya berharap, setiap kepala keluarga bisa menjaga anggota keluarganya masing-masing. Nur Jannah juga berpesan agar kaum wanita bisa menjaga diri dan kehormatannya sendiri. 
 
"Harapan kami masyarakat Tuban bisa menjaga keluarganya, jangan sampai terjerumus. Sebab selama ini sosialisasi kerap kali dilakukan agar Bumi Wali bersih dari Prostitusi," pungkasnya. [rof/ito]

Tag : prostitusi, manusia, trafiking, perdagangan, seks, tuban, online

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 21 April 2019 08:00

    Warisan Sejarah di Bumi Wali

    Warisan Sejarah di Bumi Wali Di Tuban banyak sekali wahana wisata yang memang sudah menjadi tujuan para wisatwan domestik maupun non domestik. Namun, sebenarnya bagaimana sih sejarah wisata yang ada di ujung barat Provinsi Jawa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more