Waspada! Hujan dan Gelomba Tinggi Masih Mengintai Perairan Jatim

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Rabu besok (2/1/2019), hujan dengan intensitas ringan berpotensi terjadi di Perairan Bawean, Selat Madura serta sebagian wilayah perairan selatan Jawa Timur (Jatim). Adapun hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di sebagian Laut Jawa bagian timur, Perairan Masalembo, Perairan utara Jatim, Perairan Kangean serta Samudra Hindia selatan Jatim.

Prakiraan Kondisi Cuaca Maritim Perairan Jatim itu disampaikan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban melalui akun resmi Instagramnya, Selasa (1/1/2019) sekitar pukul 12.30 Wib.

Menurut data BPBD Tuban dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Perak Surabaya yang dilansir blokTuban.com, Selasa (1/1/2019) menunjukkan arah angin dominan dari Barat - Barat Laut. Kecepatan angin maksimum di Laut Jawa dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 28 knots (52 km/jam).

Sementara itu, tinggi gelombang di Laut Jawa bagian timur antara 1.5 - 3.5 meter (m), di Selat Madura antara 0.3 - 0.8 m dan di Samudra Hindia selatan Jatim antara 1.5 - 3.5 m.

"Waspada tinggi gelombang lebih dari 3.0 m di Laut Jawa bagian timur dan Perairan sebelah selatan Jatim," begitu tulis BPBD mengingatkan masyarakat yang beraktivitas di perairan Jatim.

BPBD Tuban tidak mengeluarkan larangan bagi masyarakat yang akan beraktivitas di perairan Jatim. Kendati begitu pihaknya  berpesan agar saat aktivitas selalu waspada jangan sampai lengah.

"Selamat beraktivitas, senantiasa perhatikan cuaca sebelum beraktivitas," tandas BPBD Tuban. [rof/ito]