Jembatan Kumpulrejo Akan Diperbaiki Tahun 2020

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Jembatan di Dusun Tuwiwiyan, Desa Kumpulrejo, Kecamatan Bangilan, Tuban akan diperbaiki pada tahun 2020. Hal itu diungkapkan Kepala UPT Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bangilan, Jiran kepada blokTuban.com pada Kamis (27/12/2018).

"Jika dibangun tahun 2019 tidak mungkin, sebab Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tuban sudah didok (disahkan)," kata Jiran saat ditemui di kantor UPTD PUPR Bangilan, Kamis siang.

Ditambahkan Jiran, jembatan tersebut juga tidak mungkin diperbaiki menggunakan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2019,  sebab dana tersebut cairnya dalam jangka waktu cukup pendek. Padahal jika dianalisa pihaknya, jembatan tersebut butuh waktu enam bulan untuk menyelesaikannya.

"Pakai dana PAK juga tidak mungkin, soalnya waktunya hanya dua bulan. Padahal pengerjaan jembatan itu butuh waktu enam bulan," beber pria yang merangkap sebagai kepala UPTD PUPR Senori itu.

Diketahui sebelumnya, warga mendesak agar jembatan tersebut segera dibenahi. Sebab fasilitas umum tersebut menjadi akses petani setempat ke sawah dan ladang mereka.

"Di utara sungai ini ada persilan (ladang) jagung dan sangat membutuhkan jembatan ketika panen, karena harus diangkut dengan truk," kata Sukirno mewakili warga Kumpulrejo, saat wawancara dengan blokTuban.com.

Menurut dia, di utara sungai terdapat hektaran ladang jagung yang tiga bulan lagi memasuki panen. Selain itu, juga ada beberapa hektar sawah petani yang memasuki masa tanam. [rof/ito]