Dua Kartar Keluarkan Pernyataan Bersama

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Buntut dari aksi unjuk rasa warga dan karang taruna (Kartar) Karangasem, Jenu kepada perusahaan PT Industri Kemasan Semen Gresik (IKSG), membuat dua organisasi dari Kartar Socorejo dan Temaji mengeluarkan pernyataan bersama.

Surat pernyataan yang berisi 5 poin tersebut dihasilkan dari musyawarah yang digelar pada Rabu (12/12/2018) malam. Pernyataan resmi ini merupakan gambaran sikap dua organisasi pemuda desa di wilayah kerja perusaan mitra PT Semen Indonesia (SI) tersebut.

"Kami mewakili Kartar Socorejo dan Temaji, menolak Demonstrasi dan anarkisme," kataketua Kartar Socorejo, Mahmudi, mengutip bunyi salah satu poin surat pernyataan tersebut, Kamis (13/12/2018).

Di dalam surat yang bernomor 001/KT.TMSC/XII/2018 itu kedua pihak memilih mengutamakan musyawarah terkait rekrutmen Naker. Pihak kartar juga meminta pihak manajemen perusahaan PT IKSG dengan tiga desa, yaitu Temaji, Socorejo, dan Karangasem tanpa pihak luar (aliansi kartar).

"Kami menyerukan untuk mengutamakan warga lokal di PT IKSG secara proporsional serta proses rekrutmen yang transparan," Timpal Moh Nurrokhib selaku ketua Kartar Temaji

Pihak karatar Temaji dan Socorejo mengaskan, bila ada pemuda atau warga desa yang ikut unjuk rasa maka mereka menyatakan di luar tanggung jawab mereka. Pihaknya juga menandaskan, jika upaya tersebut ternyata muncul, diklaim murni kepentingan pribadi. [rof/ito]