12:00 . Boyong Adipura, Bupati Singgung Sejumlah Toko di Jalan Nasional yang Lumutan   |   11:00 . WhatsApp BATASI PESAN FORWARD MAKSIMAL 5 KALI   |   10:00 . Adipura ke-7, Bupati Akui Persoalan Sampah di Sungai Masih Belum Selesai   |   09:00 . AMPO, PANGANAN DARI TANAH LIAT KHAS TUBAN   |   08:00 . Intip...! Hujat Lebat Masih Berpotensi Mengguyur Wilayah Tuban   |   07:00 . Manfaat Jalan Kaki Bukan Hanya untuk Kesehatan Fisik, Tapi Juga Mental   |   19:00 . Ini Faktor Pemicu Polemik Menurut Ketua Penilik Klenteng KSB Tuban   |   18:00 . Camat Plumpang Pastikan Aktivitas Tambang Pasir Tak Membahayakan   |   17:00 . Komite Sastra Tuban Bakal Gelar Bedah Buku ini...   |   16:00 . Dump Truk Terguling di Jalan Raya Jatirogo   |   15:00 . Ampo, Camilan yang Cocok Dihidangkan dengan Kopi   |   14:00 . Keluarga ini Bertahan Sampai 5 Generasi   |   13:00 . Desas-Desus Tambang Pasir Ilegal, Bagaimana Sebenarnya?   |   12:00 . Kick Off Liga 2 Dijadwalkan Bulan Mei   |   11:00 . Rabu, AHY Dijadwalkan Kunjungi Kabupaten Tuban   |  
Tue, 22 January 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 30 November 2018 14:00

Unik, Rodad Ini Hanya Berpersonel Perempuan

Unik, Rodad Ini Hanya Berpersonel Perempuan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Ada yang unik dan beda pada pementasan Rodad dalam gelar acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriah/2018 Masehi, di Dusun Kandangan, Desa Simo, Kecamatan Soko Rabu (29/11/2018) malam kemarin. Pasalnya, semua pemain Rodad di sini seluruhnya perempuan.

Bukan tanpa alasan. Jika umumnya penari kipas Rodad adalah mayoritas laki-laki, dengan sedikit formasi perempuan ataupun terbagi rata atas jumlah anggota, Rodad yang dipimpin dan di latih oleh Mbah Karsiman dari Simo tengah tersebut menerapkan model asal mau serta memiliki niat minat mempelajari budaya kesenian asli Nahdlatul 'Ulama (NU) itu.

"Yang main Rodad hanya perempuan. Tanpa ada atraksi dan peragaan jurus silat," terangnya kepada blokTuban.com, Jumat (30/11/2018).

Tak hanya itu, pemain Rodad yang biasanya terdiri dari 12 personel, difleksibelkan sesuai jumlah personil Rodad Simo. Adapun personel Rodad yang dibimbingnya adalah siswi-siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Desa setempat, dengan jumlah 14 hingga 16 anggota tetap.

Lelaki yang kerap disapa Mbah Kiman itu menambahkan, Rodad sebenarnya terdiri dari Tarian kipas, peraga jurus silat, dan atraksi-atraksi ekstrim, seperti tiduran beralas duri tanaman Salak, kebal senjata tajam, hingga atraksi memasak telur di atas kepala.

"Harusnya lengkap begitu. Berhubung anak-anak proses latihannya terbilang baru, dan didominasi perempuan, jadi ya ini tampilan kita," ungkapnya.

Meski demikian, Rodad yang tumbuh dan baru berkembang kurang dari dua tahun di desa ujung selatan Bumi Wali, sebutan lain Kabupaten Tuban itu, sudah meliputi unsur hiburan seni budaya tradisi.

Hal itu dibuktikan ketika pelaku seni Rodad tampil di atas panggung, langsung menyita perhatian warga desa yang hadir pada gelaran Maulid Nabi Muhammad SAW terus mempertahankan antusiasnya.

"Alhamdulillah, antusias warga bagus. InsyaAllah akan kita kembangkan. Agar budaya asli NU ini tak tenggelam di gerus zaman," pungkas Mbah Kiman. [feb/rom]

Tag : rodad, rodad tuban, rodad simo

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 03 January 2019 16:00

    Raker BMG 2019

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT Dalam rangka menjalankan roda perusahaan di bawah naungan Blok Media Grup (BMG) dengan semangat mengawali tahun 2019 ini, ada penyegaran yang dilakukan pada anak-anak perusahaan BMG, termasuk dalam redaksi blokBojonegoro.com...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat