12:00 . Besok Masuk Tahapan Pendaftaran Bakal Calon   |   09:00 . BMKG: Equinox, Fenomena Biasa, Masyarakat Dihimbau Tenang   |   08:00 . Dua Hari Lagi TMMD Ke-104 Tuban Ditutup   |   07:00 . Tips Karier: Lakukan 5 Cara Ini Agar Sukses Jadi Girl Boss   |   15:00 . Tersangka Penggelapan Bantuan Sapi di Tuntut 1,5 Tahun Penjara   |   14:00 . Cari Bibit Atlet, PO Cabang Tuban Gelar Kompetisi Antar Ranting   |   12:00 . Suksesi Pemilu di Tuban, KPU Gelar Konser Musik.   |   11:00 . 129 Bidang Lahan Warga Selesai Dipatok untuk Kilang Tuban   |   09:00 . Camat Hendro Pensiun, Sempat Bercita-Cita Jadi Hansip   |   08:00 . Refresing Bersama Kader Kesehatan Kecamatan Jenu   |   07:00 . Manfaat Berhubungan Intim Selama 30 Hari   |   17:00 . Belum 3 Bulan, Ada 7 Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan   |   16:00 . Bulog Belum Bisa Terima Beras Dari Petani, ini Alasannya...   |   15:00 . Nuansa Klasik Santai, Ngopi Nongkrong Tanjung Sari   |   14:00 . Masyarakat Sekitar TPPI Rutin Dapat Pengobatan Gratis   |  
Mon, 25 March 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 30 November 2018 14:00

Unik, Rodad Ini Hanya Berpersonel Perempuan

Unik, Rodad Ini Hanya Berpersonel Perempuan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Ada yang unik dan beda pada pementasan Rodad dalam gelar acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriah/2018 Masehi, di Dusun Kandangan, Desa Simo, Kecamatan Soko Rabu (29/11/2018) malam kemarin. Pasalnya, semua pemain Rodad di sini seluruhnya perempuan.

Bukan tanpa alasan. Jika umumnya penari kipas Rodad adalah mayoritas laki-laki, dengan sedikit formasi perempuan ataupun terbagi rata atas jumlah anggota, Rodad yang dipimpin dan di latih oleh Mbah Karsiman dari Simo tengah tersebut menerapkan model asal mau serta memiliki niat minat mempelajari budaya kesenian asli Nahdlatul 'Ulama (NU) itu.

"Yang main Rodad hanya perempuan. Tanpa ada atraksi dan peragaan jurus silat," terangnya kepada blokTuban.com, Jumat (30/11/2018).

Tak hanya itu, pemain Rodad yang biasanya terdiri dari 12 personel, difleksibelkan sesuai jumlah personil Rodad Simo. Adapun personel Rodad yang dibimbingnya adalah siswi-siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Desa setempat, dengan jumlah 14 hingga 16 anggota tetap.

Lelaki yang kerap disapa Mbah Kiman itu menambahkan, Rodad sebenarnya terdiri dari Tarian kipas, peraga jurus silat, dan atraksi-atraksi ekstrim, seperti tiduran beralas duri tanaman Salak, kebal senjata tajam, hingga atraksi memasak telur di atas kepala.

"Harusnya lengkap begitu. Berhubung anak-anak proses latihannya terbilang baru, dan didominasi perempuan, jadi ya ini tampilan kita," ungkapnya.

Meski demikian, Rodad yang tumbuh dan baru berkembang kurang dari dua tahun di desa ujung selatan Bumi Wali, sebutan lain Kabupaten Tuban itu, sudah meliputi unsur hiburan seni budaya tradisi.

Hal itu dibuktikan ketika pelaku seni Rodad tampil di atas panggung, langsung menyita perhatian warga desa yang hadir pada gelaran Maulid Nabi Muhammad SAW terus mempertahankan antusiasnya.

"Alhamdulillah, antusias warga bagus. InsyaAllah akan kita kembangkan. Agar budaya asli NU ini tak tenggelam di gerus zaman," pungkas Mbah Kiman. [feb/rom]

Tag : rodad, rodad tuban, rodad simo

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 March 2019 08:00

    Pondok Literasi

    Pondok Literasi Saat ini lagi gencar-gencarnya gerakan litersai. Di mana-mana ada komunitas baca, tadarus puisi dan dan bedah buku, yang arahnya untuk menumbuhkan cinta membaca. Baru sebagian kecil kegiatan di Kabupaten...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more