Menjadi Jurnalis Itu Indah

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com – Menjadi jurnalis atau wartawan itu indah. Begitulah yang disampaikan KH Ahmad Damanhuri ketua yayasan sekaligus pengasuh pondok pesantren Al Hadi Desa Banjararum, Kecamatan Rengel, Tuban. Sebab, dengan menjadi jurnalis, santri atau siapapun bisa mewanwancarai siapa siapa saja.

‘’Bisa wawancara dengan bupati, Direktur Pertamina dan sebagainya. Makanya menjadi jurnalis itu indah,’’ ujar Kiai Damanhuri, saat memberi sambutan dalam pembukaan Sekolah Jurnalistik Dasar (SJD) untuk SMA/SMK/MA hasil kerjasama Ronggolawe Pres Solidarity (RPS) dengan Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati, Rabu (21/11/2018) pagi.

Kegiatan ini merupakan kegiatan SJD putaran keempat, setelah sebelumnya kegiatan serupa digelar di SMAN 1 Soko, SMK Almustawa dan SMK Tarbiyatut Thullab yang semuanya di Kecamatan Soko. Kemudian, di SMK Plus Al Hadi dan titik kelima akan digelar di MAN 2 Rengel, yang berada di Kecamatan Rengel.

Pembukan dihadiri Tarmizi Legal and Relation Staf PT Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati dan Ketua RPS Khoirul Huda. Juga hadir Sekretaris Kecamatan Rengel Suwasis, Kepala Sekolah SMK Plus Al Hadi Shodiqun serta ketua yayasan. Sebanyak 32 peserta dari siswa sekaligus santri terlibat dalam kegiatan selama dua hari ini.

Tarmizi berharap kegiatan tersebut bisa memberi manfaat pada para siswa dan santri yang menjadi peserta. Karena itu, semua peserta diharapkan menyimak dan mencermati semua materi yang disampaikan.

‘’Semoga bermanfaat, ini salah satu bentuk dukungan kami dalam dunia pendidikan, khususnya bagi warga di sekitar lokasi kegiatan Pertamina,’’ katanya.

 

Hal yang sama disampaikan Sekcam Rengel Suwasis. Dia mengatakan, tidak semua sekolah dan semua siswa mempunyai kesempatan mengikuti kegiatan sekolah jurnalistik. Karena itu, dia meminta agar para peserta memanfaatkan benar sekolah jurnalistik tersebut untuk menambah wawasan dan ilmu.

 

‘’Ilmu yang diberikan nanti sangat bermanfaatkan. Gunakan kesempatan ini untuk mengembangkan potensi kalian semua untuk lebih  baik ke depan,’’ pesan dia.[ono]