16:00 . Setelah Lama Mati Suri, Hari Ini Pepadi Bangkit Kembali   |   15:00 . Sergab, Bulog Terima 70 Ton beras dari Petani   |   14:00 . Vendor Gathering, BPJS Sosialisasikan Program   |   13:00 . Bupati Fathul Huda Minta Pers Tetap Kritis   |   12:00 . Penjual Minuman Beralkohol di 3 Kecamatan Diminta Urus Ijin   |   10:00 . Duh...! Penjual Sate Simpan Arak Dalam Termos Nasi   |   09:00 . Turnamen Futsal Antar Instansi Meriahkan Puncak HPN PWI Tuban   |   08:00 . Pertamina EP Raih Best of The Best APQ Awards 2019   |   07:00 . Dua Alasan Kenapa Kita Suka Menunda-Nunda (dan Solusinya)   |   21:00 . Semen Indonesia Mulai Gelar Bimbingan Manasik Haji di Tuban   |   17:00 . Kodim 0811 Tuban Matangkan Persiapan Penutupan TMMD   |   16:00 . Hari Perdana UNBK, Siswa SMK Mengaku Grogi   |   15:00 . ULAR SANCA KEMBANG TERTANGKAP WARGA BANGILAN   |   14:00 . Surat Suara Pemilu 2019 Sudah Terpenuhi, Ini Jumlahnya   |   13:00 . Tuban Targetkan 840 Sekolah Ramah Anak di 2019   |  
Tue, 26 March 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 07 November 2018 12:00

NU Bantu 38 KK Korban Bencana Palu

NU Bantu 38 KK Korban Bencana Palu

Reporter: Sri Wiyono

 

blokTuban.com- Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), bersama Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqoh Nahdlatul Ulama (LAZIS NU) Kabupaten Tuban berikan bantuan pada korban bencana gempa dan tsunami Palu Provinsi Sulawesi Tengah yang saat ini berada di Desa Magersari Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban (07/11/2018). 

 

Penyerahan bantuan dihadiri Benhadara PC NU Tuban Saiffudin, Muhtarom Khusnan Ketua LAZISNU  serta pengurus, MWC NU Plumpang dan banom-nya, perwakilan Camat Plumpang, Tagana dan perwakilan BAZNAS Kabupaten Tuban.

 

Bantuan secara langsung ini dilakukan di Balai Desa setempat yang dihadiri oleh Pengurus Cabang NU dan LAZIS NU, msetempat, PAC Muslimat, PAC Fatayat yang merupakan Badan Otonom (Banom) dari NU itu sendiri, serta BAZNAS Kabupaten Tuban.

 

“Alhamdulillah, tadi kita sedikit bisa membantu meringankan beban hidup korban bencana gempa dan tsunami Palu yang saat ini berada di Desa Magersari,” ujar Ida Musthofa salah satu pengurus LAZIS NU Tuban.

 

Bantuan yang diserahkan berupa sembako senilai Rp 250 ribu, uang tunai Rp 100 ribu dan pakaian layak pakai. Bantaun diberikan  pada 38 Kepala Keluarga (KK), dan akan dilanjutkan pada korban bencana lain yang saat ini masih mengungsi di familinya di Kabupaten Tuban. 

 

“Kalau di Desa Magersari, dari data yang kami terima ada 104 jiwa dan di desa lain juga ada. Di kecamatan lain, seperti di Kecamatan Widang yang kabarnya juga ada. Saat ini masih kita data dan falidasi,” tambah Ida, sapaam akrabnya. 

 

Menurut Ida, kepedulian banom dan lembaga dari NU itu selain masih ada hubungan kekeluargaan dengan warga di wilayah Kecamatan Plumpang, para korban bencana ini sampai ke Bumi Wali Tuban tanpa bekal apa-apa. Hanya pakaian yang melekat di badan saja, begitu juga anak-anak mereka. 

 

“Alhamdulillah, ada lembaga pendidikan seperti MI Al-Hikmah Desa Magersari yang mau menerima anak-anak korban bencana untuk belajar di lembaga pendidikan tersebut, ada sekitar 9 anak, ‘’ salah satu pengurus PC GP Ansor Kabupaten Tuban ini.

 

Selain memberikan bantuan, LAZISNU, PAC Muslimat, Fatayat dibantu oleh Tim Tagana Kecamatan setempat juga melakukan pemulihan trauma (trauma healing) pada anak-anak korban bencana. 

 

Senok, salah satu korban mengaku sangat berterimakasih pada NU yang sangat peduli dengan nasibnya bersama keluarganya saat ini. Dia juga  berharap pemkab Tuban bisa membantu mencarikan pekerjaan selama di Kabupaten Tuban.

 

“Selain biaya hidup selama belum bisa bekerja, kami juga berharap bisa dapat legalitas kependudukan. Anak-anak kami yang masih sekolah juga mohon dapat prioritas,” harap Senok.[ono]

 

Tag : korbanpalu, laziznu, NU, NUTuban

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 March 2019 08:00

    Pondok Literasi

    Pondok Literasi Saat ini lagi gencar-gencarnya gerakan litersai. Di mana-mana ada komunitas baca, tadarus puisi dan dan bedah buku, yang arahnya untuk menumbuhkan cinta membaca. Baru sebagian kecil kegiatan di Kabupaten...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more