Organisasi Pemuda dan Forkopimka Bangilan Peringati Sumpah Pemuda

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dengan melibatkan berbagai Organisasi Kepemudaan, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Bangilan memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90, Senin (29/10/2018). Kegiatan yang diisi dengan upacara ini digelar di halaman kantor Kecamatan Bangilan.

Camat Bangilan, Deny Susilo Hartono bertindak sebagai pembina upacara. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 250 peserta dari ASN, pelajar dan Kepala Desa beserta perangkatnya.

Dalam upacara tersebut dibacakan juga hasil keputusan Kongres Pemuda Indonesia Kedua yang diselenggarakan di Batavia (Jakarta), tanggal 27-28 Oktober 1928. Tiga kalimat monumental, berejaan Van Ophuysen tersebut, diharapkan dapat meneguhkan spirit untuk mengisi kemerdekaan yang telah direbut oleh para Pahlawan.

"Di momen Sumpah Pemuda ini, ada tiga karakter yang harus dimiliki Pemuda, Pertama, diperlukan generasi muda yang memiliki kualitas integritas yang tinggi, Kedua kapasitas keahlian dan intelektual yang cukup mumpuni, Ketiga karakter kepemimpinan yang peduli dan profesional," kata Camat Bangilan, menirukan sambutan Kemenpora RI, Imam Nahrowi, Senin (29/10/2018).

Mantan Sekcam Montong ini juga memberikan motivasi pada generasi muda Bangilan, untuk memegang persatuan dan kesatuan. Pihaknya juga berharap agar generasi milenial untuk memperjuangkan eksistensinya sebagai sebuah bangsa yang bersatu dan berdaulat.

"Untuk itu, dalam rangka memberikan makna yang lebih dalam akan arti penting sebuah momentum sejarah pemuda, perlu merekonstruksi dan mereaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam perjalanan sejarah sumpah pemuda," imbuhnya.

Sementara itu, ketua Karang Taruna Bangilan, Hidayat Syaifuddin yang mewakili lintas Organisasi Kepemudaan menuturkan, berkomitmen siap menjaga persatuan dan kesatuan, terutama dalam menghadapi tahun politik 2019. Pihaknya juga berencana akan melakukan konsolidasi internal maupun eksternal untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pemuda sesuai tuntutan jaman.

"Mohon dukungan dari semua pihak, agar kami bisa menjalankan amanat yang dititipkan kepada pemuda hari ini," ucapnya.

Ditambahkan Udin sapaan akrabnya, sesuai tema Hari Sumpah Pemuda ke-90 ini, Karang Taruna akan berusaha mendorong pemuda sebagai pelopor semangat kebangsaan dalam kebhinnekaan. Ia juga berharap momen ini dijadikan upaya mewujudkan pemuda yang maju, mandiri dan profesional.

"Mari kita sukseskan hari sumpah pemuda tahun 2018 sebagai tahun kebangkitan ekonomi pemuda untuk mensukseskan pembangunan pemuda yang berkelanjutan," pungkasnya menandaskan. [rof/rom]