Lampauai Target Sapi Bunting, Tuban Raih Penghargaan

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com – Di bidang peternakan, Kabupaten Tuban bisa berbangga, karena keberhasilannya diakui. Bahkan, keberhasilan itu diganjar penghargaan oleh  kementerian. Di antara penghargaan yang diterima adalah karena juara pertama pencapaian kelahiran terbaik mendukung UPSUS SIWAB di Jawa Timur.

Penghargaan ini diserahkan Dirjen PKH Kementrian Pertanian Dr. Drh. I Ketut Diarmita, MP kepada Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban, Ir. M. Amenan. MT, pada acara Kontes Ternak dan Panen Pedet  Jawa Timur Tahun 2018 di Kawasan Pasar Induk Agrobisnis (PIA) PUSPA AGRO, Desa Jemundo Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo, Minggu (28/10/2018) .

Selain itu, Kabupaten Tuban juga berhasil mendapatkan Penghargaan Pertama Pelaksanaan Pemeriksaan Kebuntingan mendukung UPSUS SIWAB di Jawa Timur, Juara Pertama Rumah Potong Hewan Ruminansia Tingkat Jawa Timur, Juara tiga Petugas Inseminasi Buatan (IB) Berprestasi Tingkat Jatim Tahun 20118 Kategori Wilayah Pengembangan dan Juara Dua sapi bakalan indukan.

‘’Bapak Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman menyampaikan rasa bangganya kepada semangat peternak Indonesia, termasuk Tuban untuk meningkatkan populasi sapi,’’ ujar Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Amenan.

UPSUS SIWAB, Amenan, adalah salah satu terobosan yang dilakukan pemerintah untuk mempercepat peningkatan populasi sapi di dalam negeri. Melalui strategi optimalisasi pelaksanaan inseminasi buatan (IB), Upsus SIWAB dilaksanakan di 34 provinsi.

"Dalam pelaksanaannya, Kementan memberikan gratis semen beku beserta alat dan sarana prasarana, serta biaya operasional kepada peternak. Selain itu juga diberikan pelayanan gratis dalam penanganan sapi betina yang mengalami gangguan reproduksi,’’terangnya.

Mantan Kabag Kesar pemkab Tuban itu mengungkapkan, pada tahun 2018 atau tahun kedua pelaksanaan UPSUS SIWAB, Kabupaten Tuban ditarget terlaksana IB 95 ribu,  terwujud sapi bunting  95 ribu  ekor dan kelahiran pedet 79 ribu ekor. Dari target tersebut, capaiannya sangat baik. Terlaksana IB pada sapi sebanyak  108.595  ekor (114,31 %). Terwujudnya kebuntingan pada sapi sebanyak 112.213 ekor (118,12%)  serta terwujudnya kelahiran pedet sebanyak 97.170 ekor (123,2%).

‘’ Tuban memang memiliki potensi yang besar di bidang peternakan, khususnya ternak sapi. Saat ini Tuban menduduki peringkat kedua tertinggi di Jawa Timur maupun nasional,’’ ungkapnya.

Capaian penghargaan yang diperoleh saat ini, menurut Amenan tidak lepas dari upaya peningkatan mutu pelayanan di bidang peternakan  yang dilakukan dinasnya. Juga aktif mengikuti lomba. Harapanya peran aparatur maupun pemanfaatan fasilitas yang tersedia semakin optimal untuk peningkatan peternakan. Dia terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada peternak dalam bidang budidaya sampai pasca panen ternak.

‘’Harapannya 2 tahun lagi populasi sapi di Tuban bisa mencapai 500 ribu ekor, seperti harapan Pak Bupati,’’ tandasnya.[ono]