Atasi Genangan Air saat Hujan, PRKP akan Bangun Sumur Resapan

Repoter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Untuk mengantisipasi saat musim penghujan datang, biasanya kota Tuban terdapat banyak genangan air, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemungkiman (PRKP) akan membangunan drainase sumur resapan.

Juli Wibowo, Kepala Bidang Air Minum dan Sanitasi mengatakan, untuk menangani permasalahan genangan air saat musim hujan, PRKP membangun drainase sumur resapan, sumur ini nantinya akan berfungsi sebagai penampung air hujan, karena khususnya daerah kota untuk resapan air sudah berkurang lantaran sudah dipenuhi bangunan.

Saat membangun pendestrian, jelas Juli Wibowo, dinas juga melakukan inovasi membuat sumur resapan untuk mengatasi permasalah genangan air saat musim hujan, pada dasarnya drainase tidak hanya mengalirkan air dari atas sampai ke daerah rendah yang nantinya akan bermuara ke laut atau sunga.

"Iya kalau lautnya surut, kalau laut pasang kan sama saja, dan untuk itu kami membangun sumur resapan ini dengan sitem air hujan sebagian akan tertampung ke sumur sisanya akan mengalir, dan yang tertampung nantinya sedikit demi sedikit akan meresap menjadi air tanah, tentunya ini juga bisa kita manfaatkan lagi," ungkap Juli.

Kedepanya kita juga ingin berupaya untuk daerah-daerah yang air hujanya tidak dapat mengalir  kemana - mana  akan dibangungkan   sistem seperti itu.

"Harapan kami kedepanya ingin membuat drainase mandiri untuk kawasan yang air hujannya tidak dapat mengalir kemana-mana, jadi di beberapa titik daerah tersebut akan kami bangun sumur resapan, agar permasalahan genangan air saat hujan sudah tidak ada lagi," ungkapnya. [nid/rom]