Puluhan Jenis Layangan Ikuti Festival di Gaji

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam rangka Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73, Karang Taruna Desa Gaji, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, menggelar acara festival layangan, Minggu (30/9/2018).

Festival layangan tersebut digelar di lapangan desa setempat, diikuti sebanyak 27 tim dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. Selain itu, dalam festival ini masing-masing tim bisa mengikutsertakan layangannya hingga lebih dari satu desain layangan.

Ketua Karang Taruna Desa Gaji, Wahid Wahyudin mengatakan, festival layangan ini merupakan rangkaian kegiatan PHBN Desa Gaji. Yang mana sebelum festival ini panitia telah mengadakan berbagai perlombaan antar RT dan RW.

"Kemarin berbagai lomba antar RT serta antar RW telah kita selenggarakan dan pada acara puncak PHBN nanti akan diisi dengan kegiatan 'Gaji Bersalawat' bersama Ridwan Asyfi," terang Wahid saat dikonfirmasi blokTuban.com di lokasi festival.

Dia menambahkan, dalam festival ini penjurian akan dilakukan dengan menilai kontruksi layangan, desain layangan serta saat terbang di udara. Untuk memeriahkan festival ini turut mengundang juga tim layangan dari Kota Surabaya dan Kabupaten Bojonegoro.

"Harapannya dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa terhibur, bisa meningkatkan kreatifitas peserta juga mempererat tali silaturrahmi antar tim," tandasnya.

Sementara itu, salah satu peserta asal Desa Siding, Kecamatan Bancar, Sukahar (34) mengaku senang dengan diadakanya festival layangan ini. Menurutnya, sudah beberapa kali festival layangan ia ikuti bersama timnya.

"Beberapa kali ini mengikuti festival layangan, kemarin juga ikut di acara festival layangan di Gresik," pungkasnya. [hud/rom]