Songsong Tahun Baru Islam, MI di Bangilan Gelar Pawai

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Berbagi cara dilakukan oleh masyarakat muslim menyambut kedatangan tahun baru Islam 1440 Hijriyyah (H). Di Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban misalnya, sebuah lembaga sekolah memperingati tahun baru Islam dengan menggelar pawai.

Pantauan di lapangan, ratusan peserta didik dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah, Bangilan menggelar pawai, Senin (10/9/2018). Pihak sekolah menyebutkan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyongsong tahun baru islam 1440 H sekaligus sebagai syiar.

Dengan seragam lengkap yang berlaku hari ini, iring-iringan peserta didik tersebut berjalan dengan melewati jalan poros desa Bangilan dan jalan poros kecamatan yang menghubungkan Bangilan - Senori sambil membawa sebuah sepanduk. Kegiatan yang dinamakan pawai taaruf ini juga diiringi marcing band dengan irama islami.

"Kegiatan ini kami gelar dalam rangka menyambut datangnya tahun baru hijriyah 1440 H," ujar Kepala Sekolah MI Salafiyah Bangilan, Muhlisin melalui dewan guru Rohmat Solihin, Senin (10/9/2018).

Dengan pawai taaruf ini, pihak sekolah berharap peserta didik dapat memahami kebudayaan atau tradisi Islam dalam menyambut tahun baru. Selain itu, anak-anak diharapkan dapat memetik sebuah pelajaran penting tentang sejarah.

"Tujuan dari kegiatan ini, siswa mengerti dan memahami tahun baru Islam yaitu tahun baru Hijriyah, yang mana Rosulullah melakukan Hijrah dari Makkah ke Madinah yang telah ditetapkan oleh Kholifah Umar bin Khottob yaitu pada tanggal 1 Muharrom," pungkasnya. [rof/ito]