Belajar Rukun Islam ke Lima, Ribuan Anak PAUD Ikuti Manasik

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ribuan peserta didik anak usia dini dari lembaga Kelompok Belajar (KB) Taman Kanak-kanak (TK), dan Roudlatul Athfal (RA) di Bangilan mengikuti manasik haji, Sabtu (8/9/2018). Pendidikan dan pembelajaran rukun Islam kelima ini, digelar di lapangan 17 Agustus Kecamatan Bangilan, Tuban, Jawa Timur.

Anak-anak beserta orang tua pendamping, tampak berjubal membanjiri lapangan. Mereka dengan hidmat mengikuti arahan dan petunjuk dari pembimbing.

"Jumlah pesertanya ada 2250 anak dari 31 lembaga KB, 27 TK, dan 8 RA," terang Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Ummi Hidayatin, kepada blokTuban.com, Sabtu (8/9/2018)

Program dari Muslimat NU yang bekerjasama dengan PKK, Dharma Wanita dam Bayangkari ini dinilai sebagai ajang syiar agama dan memperkenalkan kepada anak usia dini tentang rukun islam yang kelima.

Pasca kegiatan manasik haji ini diharapakan dapat terjalin ukhuwah dengan seagama. Manfaat lain memurut Hidayah, sapaan akrabnya juga akan membentuk karakter anak seperti kebudayaan antri dan sabar menunggu giliran.

"Manfaat lain, anak dapat mengenal bacaan talbiyah, motorik kasarnya akan bertambah dengan media melempar jumrah, dan belajar mematuhi aturan atau syarat rukun haji secara runtut," pungkasnya panjang lebar. [rof/ito]