Sedekah Bumi di Sukorejo Dihibur Pagelaran Wayang Thengul

Repoter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen melimpah, warga Sukorejo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, mengadakan sedekah bumi.

Sedekah bumi ini, dilakukan di dua tempat. Pertama di sumberan air dan yang ke dua di Petilasan tokoh babat desa (Punden). Dalam tradisinya, warga Sukorejo berbondong - bondong membawa makan ke punden atau sumberan air, setelah terkumpul semuanya tokoh agama setempat yang akan memipin doa. Setelah itu, melakukan tukar menukar makan tersebut. Tahun ini, sedekah bumi yang bertempat di punden terdapat hiburan wayang thengul dengan dalang Ali Rispan(60) asal desa setempat.

"Sedekah bumi di desa ini ada dua tempat yang rumahnya dekat punden ya kepunden dan yang rumahnya dekan sumberan ya kesumberan.Hiburannya wayang thengul dalangnya asli orang sini dan wayang ini terdapat banyak versi tapi yang di desa kami mengunakan versi leluhur desa ini," ungkap Pokdarwis dan Karangtaruna, Priyo Subandi.

Priyo berharap, sedekah bumi ini harus tetap ada karena dalam momen ini warga bisa silaturahmi, bersyukur kepada Tuhan atas berkahnya.

Selain itu, Desa Sukorejo juga telah menjadi desa wisata berbasis budaya di Kabupaten Tuban. Jadi di desa ini terdapat banyak kesenian asli Kabupaten Tuban.

"Desa kami juga sudah menjadi desa wisata berbasis budaya dan tanggal 26-29 akan diadakan festival gradangan,"tandasnya.nid/ito]