Reuni Akbar, IKS PI Cabang Tuban Deklarasi Anti Hoax dan Radikalisme

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Agenda Ikatan Keluarga Silat Putera Indonesia (IKS PI) Kera Sakti Cabang Tuban dan pengurus IKSPI se-Kecamatan Soko, dirangkai dengan pernyataan deklarasi anti hoax dan radikalisme, Minggu (2/8/2018).

Apel reuni akbar yang dipusatkan di Lapangan Desa Sokosari, Kecamatan Soko itu alah dalam rangka menanggulangi radikalisme, guna mensukseskan Pileg dan Pilpres tahun 2019‎ mendatang.

Lebih dari dua ribu anggota, warga, dan pengurus IKSPI berkumpul disana. Hadir juga dalam acara, Camat Soko, Kapolsek Soko, Danramil Soko, perwakilan IKSPI Montong, Plumpang, Rengel, jajaran pengurus WCMU Kecamatan Soko beserta Banomnya, juga DPR Provinsi Jawa Timur, Komisi 1 DPR RI, Polres Tuban, beserta Ketua Pusat IKS PI Kera Sakti.

Dalam sambutannya, Suwito S.H selaku Camat Soko mengatakan, bahwa pengaruh negatif dan info miring yang tak bisa dipertanggungajawabkan harus dijauhi benar-benar. Adanya kemajuan perkembangan teknologi dan zaman begitu pesat harus diimbangi dengan keadaan yang terkontrol. Adanya para pendekar di Kecamatan Soko, terkhusus pendekar siaga bisa mewujudkan dan menciptakan nan kondusif.

"Kita berharap pada pendekar siaga supaya jadi panutan baik. Orang yang baik adalah orang yang berguna untuk orang lain. Untuk itu, dari rekan pendekar siaga ini yang juga seorang pemimpimpin diwilayah perguaruan masing-masing, hatus memberi contoh pada lingkungan," ungkap Camat Soko dihapan para tamu undangan.

Lebih lanjut, pihaknya telah yakin jika pendekar bisa menjadi panutan. Memberi contoh yang baik bagi masyarakat, menguatkan rasa cinta bangsa sesuai Undang-uUndang Dasar.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI bidang Pertahanan Nasional, Ir. H. SW Yudha yang diwakilkan oleh Aminudin mengucapkan salam kepada para hadirin, khusunya warga IKSPI di tempat. Pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut. Harapannya, kegiatan-kegiatan sejenis bisa semakin baik dan berkembang di Kabupaten Tuban.

"Bapak Ir. H. SW Yudha berpesan agar organisasi Pencak Silat yang hadir saat ini merupakan perbedaan yang sangat indah‎ dan barokah. Sebab persatuan tak akan terwujud tanpa ada perbedaan. Baik perbedaan organisasi, yang merupakan barokah dari Allah SWT sebagai wujud Bhineka Tunggal Ika," paparnya.

Sambutan demi sambutan pun ditutup dengan pesan-pesan Ketua Umum Pusat IKS PI Kera Sakti, Drs. Bambang Sunaryo. Pasca itu, para Pendekar Siaga Tuban Selatan dari ASAD, Merpati Putih (MP), Pagar Nusa (PN), Pencak Organisasi, dan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), beserta IKS PI Kera Sakti mengucap ikrar dan penandatangan deklarasi. [feb/col]

Berikut ini ikrar yang diucap oleh semua Pendekar Siaga Tuban Selatan;

1. Selalu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

2. Berjanji tetap setia dan berpegang teguh kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945

3‎. Berjanji tetap setia kepada dan berpegang teguh kepada NKRI dan Bhineka Tunggal Ika

4. Sanggup mejaga kerukunan dan menghindari gesekan antar perguruan

5. Sanggup‎ mensukseskan Pileg dan Pilpres 2019 aman dan damai.