Ingin Mendaftar Rengel Night Carnival, Intip Juknisnya!

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Rengel Night Carnival (RNC) 2018 akan digelar lima hari lagi. Lebih tepatnya, kegiatan Perlombaan atau Wisata Budaya yang digelar warga Desa/Kecamatan Rengel, Tuban, Jawa Timur ini akan dilaksanakan pada Jum'at (31/8/2018) di Jalan Karangtengah, Desa Rengel.

Humas RNC 2018 Mundzir mengatakan, peserta yang sudah mendaftar untuk sementara mencapai 44 pendaftar. Secara rinci ia menyebut 30 peserta kategori kids dan selebihnya 14 kategori umum.

"Pendaftaran akan terus dibuka hingga H-2 atau pada Rabu (29/8/2018) mendatang," Kata Mundzir kepada blokTuban.com hari ini, Minggu (26/8/2018).

Pihaknya juga membaikan petunjuk teknis lomba kreatifitas busana kepada wartawan media ini. Kegiatan kali kedua ini bertajuk 'Keanekaragaman Budaya Nusantara'.

Peserta lomba lanjut mantan Ketua PAC GP Ansor Rengel ini, akan dibagi dalam dua kategori. Kategori Kids terdiri dari peserta usia TK dan SD. Sedangkan kategori umum meliputi utusan dari SMP, Mts, MA, SMA, SMK, dan UMUM.

Untuk RNC kategori TK dan SD akan dimulai pada pukul 14.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. RNC untuk kategori umum baru akan digelar malamnya, mulai pukul 19.00 WIB hingga 23.00 WIB.

"Teknikal meeting kami laksanakan pada Senin (27/8/2018) besok pada pukul 09.00 WIB bertempat di Balai Desa Rengel," ucap Mundzir menambahkan.

Gelar karya dengan menggunakan Busana dan tata rias serta koreografi yang bernuansa Ethno ini, diwajibkan mengikuti ketentuan panitia.

Bagi calon peserta juga harus tahu jika masing-masing tim terdiri dari satu atau dua orang. Mereka terdiri dari satu orang desainer (Pengawal) dan 1 orang peraga.

Bahan dasar pakaian bisa dipilih secara bebas. Bahannya bisa dari industri, alam, maupun daur ulang. Sebelum lomba, peserta juga diwajibkan menyerahkan konsep desain pakaian atau sinopsis

Pesrta RNC harus memperhatikan durasi pementasan di atas panggung dan berjalan atau Catwalk. Peserta harus berkoreografi atau berekspresi untuk memikat juri.

"Untuk pementasan di atas panggung durasi waktunya 5 menit. Sedangkan berjalannya kurang lebih sepanjang 150 meter," beber pria ramah ini.

Sedikit duketahui, kriteria penilaian oleh juri ada dua aspek, yaitu Karya Desain dan Koreografi.

Aspek karya desain yang dinilai meliputi Orginalitas ide (25 poin), Keserasian (20 poin) Kreativitas (20 poin). Kemudian untuk aspek Koreografi ada Aksi Panggung (15 poin) Aksi Cat walk (20 poin), totalnya 100 poin. [rof/ito]