Awal Puasa Diprediksi Tanggal 17 Mei Mendatang

Reporter : M Safuan/blokBojonegoro.com

blokTuban.com - Badan Hisab dan Rukyah (BHR) dan Kemenag Bojonegoro, Pemkab Bojonegoro serta beberapa anggota organisasi lainnya akan melakukan Rukyatul Hilal guna mengetahui dan menentukan awal 1 Ramadan di bukit Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, Selasa (15/5/2018) mendatang.

"Kasi Penyelenggara Syariah, Kemenag Bojonegoro, Abdulloh Hafidz memprediksi saat rukyatul hilal pada Selasa mendatang, pada pukul 17.22 masih kecil yakni diperkirakan masih di minus 1 derajat atau masih bisa dibilang 0,7 derajat, atau hilal berada di minus 0,35 detik, dengan kondisi seperti itu maka bulan Sya'ban digenapkan 30 hari.

"Berarti prediksi awal bulan puasa akan jatuh pada hari Kamis tanggal 17 Mei 2018 mendatang, karena posisi hilal sudah berada di 7 atau 8 derajat," terang Hafidz kepada blokBojonegoro.com

Masih lanjut Hafidz, jadi diprediksi awal puasa nanti akan bersamaan, dan puasa pada tahun ini diprediksi hanya 29 hari dan diprediksi pula penetapan 1 Syawal juga akan bersamaan, yakni akan jatuh pada Jumat Legi atau tanggal 15 Juni mendatang.

"Meski diprediksi awal puasa bersamaan, pihak Kemenag Bojonegoro menghimbau agar kaum muslimin menunggu hasil rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal awal, untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadhan dari pemerintah pusat," jelasnya. [saf/ito]