Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Bantuan pangan non tunai (BPNT) di Kabupaten Tuban sebentar lagi akan segera didistribusikan. Sebab saat ini pemerintah tengah sibuk menyalurkan kartu BPNT ke dua puluh kecamatan yang tersebar di Tuban. 

Informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, warga kurang sejahtera yang akan menerima BPNT 106.814 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Mereka nantinya bakal menerima uang elektronik sebesar Rp110 ribu pada setiap bulannya dan hanya bisa dibelanjakan bahan pangan pada pedagang atau e-warong yang telah bekerjasama dengan bank penyalur.

"Untuk saat ini jumlah penerima BPNT Tuban sama drngan penerima Rastra, yakni 106.814 KPM," terang Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) Kabupaten Tuban, Nur Jannah saat dikonfirmasi blokTuban.com, Selasa (8/5/2018).

Dijelaskan Nur Jannah, kartu keluarga sejahtera (KKS) BPNT mulai disalurkan ke semua kecamtan mulai hari ini, (8/5/2018). Pihaknya menargetkan akan selesai pada Rabu (16/5/2018).

"Mulai hari ini sudah dilaksanakan penyaluran KKS oleh BNI dan TKSK sesuai jadwal dan tempat yang sudah ditentukan," terangnya dengan detail. 

Sedikit duketahui, BPNT adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-Warong, KUBE PKH, BUMDesa atau pedagang bahan pangan yang bekerjasama dengan Bank. Bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu. [rof/col]