Bupati Tuban Terima Penghargaan dari Mendagri

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) Tjahyo Kumolo, memberikan penghargaan kepada Bupati Tuban H. Fathul Huda. Rabu (25/4/2018). Penghargaan yang merupakan bentuk apresiasi tersebut diberikan kepada Bupati berdasarkan Surat Keputusan Nomor 100-53 Tahun 2018 atas hasil evaluasi dan penilaian kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. 

Penghargaan dari Kemendagri tersebut diraih oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban berdasarkan dari hasil evaluasi dan penilaian kinerja Kepala Daerah dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan skor 3,2685 sehingga mendapatkan prestasi atau predikat sangat tinggi bintang dua.

Selain penghargaan dari Kemendagri, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Gubernur Jawa Timur, Soekarwo juga memberikan penghargaan kepada Pemkab Tuban yang diserahkan kepada Wakil Bupati Tuban, H. Noor Nahar Hussein dan 13 Kabupaten dan 4 Kota Se-Jawa Timur di Upacara Hari Otonomi Daerah Ke-XXII Tingkat Jatim di Halaman Kantor Gubernur Jatim, Jumat pagi tadi, (27/04/18). 

Usai mendapatkan penghargaan, Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengucapkan banyak syukur atas prestasi yang kembali diperoleh oleh Pemkab Tuban, bupati juga mengingatkan bahwa penghargaan ini bukan merupakan tujuan, tetapi harus dijadikan motivasi untuk bekerja lebih baik lagi. 

“Dengan penghargaan ini semoga semakin meningkatkan prestasi capaian kinerja kedepan, serta semakin meningkatnya kualitas pelayanan publik yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat,” terang Bupati usai menerima penghargaan.

Terpisah, Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein mengatakan, diraihnya penghargaan ini semenjak dimulainya perbaikan kinerja penyelenggaraan pemerintah di tahun 2012 yang lalu. Sehingga semenjak itu Pemkab Tuban mendapatkan penghargaan berturut-turut dari 2013 sampai 2014 dan 2015. Sehingga berbuah Sakmaryanugraha Parasamiya Purna Karya Nugraha. 

“Perbaikan kinerja penyelenggaraan pemerintah di Tahun 2012 tersebut membawa dampak sampai sekarang ini dan hasilnya Kabupaten Tuban kembali mendapatkan nilai sangat tinggi,” tambah Wabup.

Menurut Wabup, yang perlu diapresiasi atas diraihnya penghargaan tertinggi di Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Indonesia ini yang dihasilkan dari Indikator Kinerja di bidang pemerintahan dengan 820 lebih item yang dinilai. Indikator ini menyeluruh dari berbagai bidang, terutama dalam penilaian terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) di dalam melayani masyarakat.

“Oleh Sebab itu saya berharap kepada ASN di lingkup Pemkab Tuban untuk terus meningkatkan kinerja di bidang  pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat,” tutur Wabup.

Sebatas diketahui, selain penghargaan prestasi kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban juga mendapatkan Penghargaan ‘Sinergitas Kecamatan Tingkat Provinsi Jawa Timur’ dengan meraih Juara Harapan 2 yang diberikan langsung oleh Gubernur Jatim kepada Camat Bangilan, Moh. Maftuchin Riza. [hud/col]