Jelang Puasa, Peziarah Makam Sunan Bonang Tak Hanya dari Indonesia

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beberapa hari ini menjelang Bulan Suci Ramadhan, Makam Syekh Maulana Makdum Ibrahim atau Sunan Bonang yang berada di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban ramai didatangi para peziarah.

Peziarah datang dari berbagai daerah di Indonesia dengan cara berombongan menggunakan bus maupun elf. Bahkan, menurut Pramu Ziarah, rombongan peziarah tidak hanya dari indonesia melainkan ada juga peziarah yang datang dari luar negeri.

"Rombongan paling jauh dari Palembang dan Lampung, ada juga peziarah dari Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam," ujar Eko Yudho, Pramu Ziarah Yayasan Mabarot Sunan Bonang.

Lebih lanjut menurut Eko, ramainya peziarah menjelang puasa ini sudah terjadi setiap tahun terjadi, dan kali ini rata-rata peziarah yang datang dalam sehari semalam mencapai 500 peziarah sampai 1000 peziarah.

"Peziarah mulai ramai semenjak 10 hari sebelum puasa, dan biasanya 3 hari sebelum puasa sudah sepi," tambahnya.

Sementara itu, salah satu peziarah dari Pulau Madura, Kabupaten Sampang, Yanto (30) menjelaskan ia beserta rombongan sedang melakukan ziarah di wali lima di Jawa Timur dan sekarang ini sampai di Tuban.

"Ziarah ke makam wali ini sudah menjadi agenda rutin untuk ngalap berkah," pungkasnya.[hud/lis]