Cukupi Kebutuhan Air, Ini Upaya Pertamina di Tapen Senori

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Wilayah Tapen, Desa Sidoharjo merupakan 1 dari 25 desa di Tuban yang berpotensi kekeringan. hal itu ditetapkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban pada musim kemarau 2017 yang lalu. 

Untuk menanggulanginya di musim kemarau tahun ini, operator Lapangan Migas Tapen, Pertamina Eksplorasi Produksi (EP) Asset 4 Field Cepu merencanakan program sumur air bersih.

“Di tahun 2018, program Corporate Social Responsibility (CSR) berupa sumur air bersih dan beberapa infrastruktur akan kita alokaskan ke Tapen,” ujar Goverment and Public Relations Asistant Manager Pertamina EP Asset 4, Pandji Galih Anoraga melalui pesan singkatnya, Selasa (27/3/2018).

Alasan perusahaan negara ini karena, agar masyarakat tidak lagi dihantui kondis kesulitan mendapatkan akses air. Kemudian setelah air terbukti, pihaknya merencanakan untuk pelaksanaan program sesuai potensi desa penghasil tembakau di Tuban Selatan itu.

"Misalnya program pertanian terpadu dengan didampingi oleh pihak yang memiliki keahlian di bidang tersebut," tandas Pandji.

Diketahui sebelumnya, para petani di wilayah kerja perusahaan PT Pertamina EP Asset 4 Cepu, sebelum tanm tembakau mereka optimis target produksi padi di musim tanam gadu 2018 tercapai. Petani pun berharap hasil panennya tidak kurang dari 20 persen panen musim rendeng (penghujan) bulan ini. 

Sudah barang tentu jika program tersebut bisa terwujud, petani pun ikut diuntungkan. Sebab, kebutuhan air mereka tercukupi, meski hujan tidak turun di daerah mereka.[rof/col]