Faktor Cuaca, Harga Cabai Rawit Merah Tembus Rp65 Ribu

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beberapa minggu terakhir ini, harga komoditas cabai rawit merah di Pasar Baru Kabupaten Tuban terus mengalami kenaikan.

Naiknya harga cabai tersebut menurut para pedagang dipengaruhi faktor cuaca, mengingat saat ini curah hujan masih tinggi sehingga menyebabkan pasokan cabai dari para petani terganggu.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com dari beberapa pedagang, harga cabai rawit merah saat ini mencapai harga Rp62 ribu hingga Rp65 ribu, padahal sebelumnya hanya kisaran Rp45 ribu per kilogram.

"Kenaikan harga cabai mulai terjadi sekitar dua minggu lalu. Untuk saat ini per kilogramnya harga cabai rawit merah mencapai Rp62 ribu hingga Rp65 ribu," ujar salah satu pedagang, Musafaah kepada blokTuban.com, Rabu (7/3/2018).

Terpisah, pedagang lain Tomo mengatakan, kenaikan harga cabai tersebut dimungkinkan karena faktor cuaca. Karena curah hujan yang masih cukup tinggi masih terjadi di berbagai wilayah yang menjadi pemasok cabai.

"Harga cabai yang tinggi pembeli juga banyak yang mengurangi belanjaannya,” ucap Tomo.

Menurut Tomo, harga cabai akan normal kembali beberapa bulan ke depan. Di mana saat curah hujan sudah tidak terlalu sering terjadi dan para petani telah memasuki masa panen.

“Biasanya bulan April harga akan stabil karena banyak petani yang sudah mulai panen cabai,” tambahnya.

Sekdar diketahui, harga cabai keriting sekitar Rp30 ribu sampai Rp35 ribu, sementara cabai rawit hijau sekitar Rp10 ribu sampai Rp15 ribu.[hud/ito]