Pelaku Pengrusakan Ingin Ketemu Kiai

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – M. Zainudin (40)  warga Desa Karangharjo RT 02 RW 01 Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, pelaku perusakan kaca masjid Baiturrohim, Kelurahan Kingking, Kecamatan Tuban ternyata ingin sowan ke kiai.

Pada polisi Polres Tuban yang menginterogasinya, pria yang sehari-hari menjadi petani di desanya itu mengaku ingin ketemu dengan KH Muhammad Ahmad Ainul Yaqin atau biasa dipanggil Gus Mad. Kiai yang dimaksudkan adalah pengasuh pondok pesantren Al Islahiyah, yang berada di depan masjid yang dirusak pelaku.

‘’Saat ditanya dia mengaku ingin ketemu Gus Mad,’’ ujar Kasubag Humas Polres Tuban IPTU Agus Edy Pranoto.

Karena itu, Polres kemudian memfasilitasi sehingga pelaku bisa  bertemu dengan Gus Mad. Begitu, ketemu Gus Mad, pelaku menunjukkan rasa hormatnya pada kiai tersebut. Pelaku, menurut pengakuannya, pernah datang ke tempat pengajian Gus Mad.

‘’Setelah dipertemukan dengan Gus Mad, yang bersangkutan langsung sujud di depan Gus Mad sambil meminta safaat,’’ terang IPTU Agus.

Sampai saat ini, lanjut IPTU Agus, pelaku masih menjalani pemeriksaan di Polres. Selain pelaku, sejumlah barang berupa  1 buah laptop, 2 buah handphone, tas yang berisi pakaian dan popok bayi serta bantal dan selimut ikut diamankan.

Selain itu, sejumlah yang bertuliskan huruf arab, 1 tas kresek berisi beberapa uang pecahan Rp 20 ribuan dan Rp 10 ribuan dan  4 pasang sandal jepit menjadi barang bukti. Berikut 1 STNK mobil Toyota Innoba Noka : MHFXR43G2C1009144, Nosin : AKDU076105, atas nama Soewondo Soeharto, alamat Puri Anjasmoro Blok K I/12 A Rt 06/01 Semarang Barat dan 1 unit mobil Toyota Innova warna Putih Nopol: H-8697-JQ juga diamankan.[hud/ono]