19.112 Kartani Dibagikan kepada Petani di Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sedikitnya hingga awal tahun 2018, terdapat 19.112 Kartu Tani (Kartani) yang telah di distribusikan atau dibagikan kepada para petani di wilayah Kabupaten Tuban.

Pembagian Kartani tersebut, hingga saat ini terus diprogres diseluruh kecamatan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tuban. Dikarenakan dalam pembagian Kartani pemerintah juga melakukan klarifikasi My Name, My Adress.

"Dalam pendistribusian itu kami juga mengklarifikasi My Name dan My Adress, karena terkadang yang bersangkutan sudah beralih profesi," kata Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, Darmadin Noor, Rabu (17/1/2018).

Dengan begitu, masih kata Darmadin Noor, progres pendistribusian Kartani berjalan terus dengan dikawal oleh UPTD di kecamatan, penyuluh serta tim dari BNI. "Karena ini bukan target DPKP saja, namun juga target dari BNI yang diberi mandat mengelola Kartani di Jatim," tambahnya.

Sementara itu, dari data yang berhasil dihimpun blokTuban.com, rincian pendistribusian Kartani sebagai berikut: Kecamatan Bangilan: 1.927 kartani, Senori: 334 kartani, Singgahan:1269 kartani, Parengan: 3.311 kartani, Soko: 2.403 kartani, Rengel: 2.483 kartani, Grabagan: 1.197 kartani, Widang: 1.482 kartani, Palang: 1.173 kartani, Tuban: 631 kartani, Jenu: 554 kartani, Merakurak: 594 kartani dan Jatirogo: 1.754 kartani.

Diketahui, Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI), telah memutuskan agar setiap petani memiliki Kartani. Program Kartani tersebut sebagai syarat atministrasi petani serta untuk mudahkan urusan dalam bidang pertanian dikemudian hari. [hud/col]