'Sing Waras Ojo Ngalah' Jadi Tema Raker Ansor Jenu

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Istilah 'Sing Waras Ojo Ngalah' jadi tema Rapat Kerja (Raker) II PAC Gerakan Pemuda Ansor Jenu, besok Minggu (14/1/2018). Istilah yang dicetuskan ulama karismatik asal Rembang, KH Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus itu dipakai oleh panitia lantaran isu yang akan diangkat mengenai 'Melek Media'.

Istilah Sing Waras Ojo Ngalah (yang berakal sehat jangan mengalah) sendiri menjadi prinsip Gus Mus untuk melawan hoax yang marak terjadi. Selama ini istilah yang sering terdengar adalah "sing waras ngalah" atau "yang akalnya sehat mengalah". Menurut Gus Mus istilah itu harus diganti agar yang tidak waras tidak terus merasa benar.

"Isu yang akan kita bedah dalam Raker ini dalam rangka merespon berita 'Jaman Now'. Tujuannya mengarahkan kader Ansor untuk sadar media," ujar Sekretaris PAC Ansor Jenu, Sholeh Asyhar, Sabtu (13/1/2018).

Ditambahkan Asyhar, beberapa tahun terakhir NU (Ansor) dijadikan sasaran 'Tembak' oleh beberapa golongan yg kurang suka dengan keberadaan NU. Mereka membuat isu-isu yang bertujuan memecah belah NU.

"Sudah saatnya kader Ansor tampil sebagai pelaku media, bukan hanya penikmat media," tegasnya.

Raker yang digelar bersamaan dengan pengukuhan Satkoryon Banser itu akan dilangsungkan di Balaidesa Beji, Kecataman Jenu, Tuban mulai pukul 12.30 WIB hingga selesai. Selain memerangi hoax, tujua yang ingin dicapai setelah Raker agar kader mampu memasyarakatkan Asor dan mengAnsorkan masyarakat.

"Raker juga diharapkan bisa menanamkan rasa memiliki Ansor dan harus berani memperjuangkannya, termasuk memerangi hoax," pungkasnya menandaskan. [rof/ito]