Usai Terima DP4, KPU Tuban Olah Data
Reporter: Mochamad Nur Rofiq
 
blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum mengusulkan pemungutan suara pilkada serentak 2018 di 171 daerah digelar 27 Juni. Pilkada serentak 2018 akan menjadi pilkada serentak gelombang ketiga yang memilih kepala daerah di 17 provinsi serta 154 kabupaten dan kota, termasuk di Jawa Timur. 
 
Tahapan pilkada pun sudah dimulai sejak Desember 2017 lalu. Mulai dari sosialisasi, perekrutan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa dan pembekalan-pembekalan. 
 
Untuk tahapan yang akan datang, ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban bersama akan menggelar Pencocokan dan Penelitian (Coklit) serentak pada 20 Januari hingga 18 Februari 2018. Sebab pada saat ini sudah diterima Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari 20 kecamatan yang tersebar di Bumi Wali, sebutan Tuban. 
 
"Saat ini sedang kita petakan, jadi data masih kita olah," kata Katua Komisioner KPU Kabupaten Tuban, Kasmuri, Rabu (10/1/2018).
 
Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, DP4 Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 yang yang diterima KPU Tuban sebanyak 958.323 hak pilih. Jumlah tersebut terbagi menjadi 473.155 orang pemilih laki-laki dan 485.168 orang pemilih perempuan. 
 
Dari data tersebut, selanjutnya akan dilakukan Coklit serentak oleh jajaran pelaksana Pemilu, mulai dari tingakt desa hingga kabupaten dengan jumlah minimal 5 rumah. 
 
"Coklit akan serentak dilakukan dengan melibatkan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), PPS, PPK, hingga KPU," imbuh Kasmuri. [rof/col]