Banser Jatim Dukung Gus Ipul, Ini Tanggapan Banser Tuban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kabar mengejutkan muncul setelah adanya kabar bahwa Barisan Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama (NU) siap mendukung calon gubernur dan wakil gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Azwar Anas dalam pemilihan gubernur Jawa Timur atau Pilgub Jatim 2018.

Dukungan tersebut disampaikan oleh Komandan Satuan Koordinasi Nasional (Satkornas) Banser NU, Alfa Isnaeni setelah Banser Tulungagung dan GP Ansor mengelar pelantikan pengurus GP Ansor Tulungagung periode 2017-2021 di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Tulungagung, Selasa (2/1/2018) kemarin.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com, jaringan Banser di Jawa Timur yang telah tersebar di 38 kabupaten/kota dan jumlahnya mencapai 350 ribu. Mereka siap mendukung langkah Saifullah Yusuf dan Azwar Anas menuju Jatim Satu.

Meskipun kata dia, belum ada deklarasi formal saat ini. Namun seluruh kader Banser dan Gerakan Pemuda Ansor faham betul bahwa arah kebijakan politik organisasi untuk mendukung kader senior dalam putaran Pilgub Jatim.

Menurut Isnaeni, sikap tersebut merupakan inisiatif Banser dan GP Ansor sencara independen. Keputusan tersebut, lanjut Isnaeni, tidak bisa dintervensi kelompok mana pun termasuk Partai Kebangkitan Bangsa yang seringkali dianggap memiliki kedekatan dengan Banser ataupun GP Ansor.

Di tempat dan kesempatan berbeda, Komandan Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Banser Tuban, Ahmad Syafii ketika dikonfirmasi wartawan media ini mengatakan, pihaknya tetap satu komando. Jadi, menurut dia sudah jelas Banser Tuban ikut komando di atasnya.

"Jelas kita satu barisan, walaupun belum ada satu katapun permintaan dukungan dari Banser Tuban. Kita tetap bersatu mendukung senior kita," singkat Syafii. [rof/rom]