Anggota PPS Singgahan Dapat Bimtek Pendataan Pemilih

Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Puluhan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-kecamatan Singgahan mengikuti Bimbingan teknis (Bimtek) pendataan pemilih, Selasa (26/12/2017). Kegiatan yang diselenggarakan Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) itu, dengan tujuan mensukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 27 Juni 2018 mendatang. Setelah mengikuti kegiatan Bimtek, PPS diharapkan mampu memberikan Bimtek bagi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Ketua PPPK Singgahan, Windyo Suparsono menerangkan, materi yang diberikan kepada peserta meliputi Teknik Pencocokan dan Penelitian (coklit) kepada penduduk yang terdaftar dalam Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilihan (DP4). Selain itu juga terkait kegiatan yang harus dilaksanakan oleh PPDP

"Gerakan Coklit Serentak akan dilaksanakan pada tanggal tanggal 20 Januari 2018 oleh KPU Pusat sampai dengan Kabupaten, PPK, PPS dan PPDP. Masing-masing kejatah 5 rumah," terang Windyo usai Bimtek, Selasa siang. 

Tujuan yang ingin dicapai, lanjut pria humanis itu, adanya kepastian jumlah pemilih dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim yang dibuktikan dengan KTP elektronik (e-KTP) maupun surat keterangan. Pelaksanaan Coklit sendiri dilakukan berdasarkan sesuai peraturan yang berlaku, yakni PKPU NO 2 TH 2017.

"Harapan kami, partisipasi pemilih untuk menggunakan hak pilihnya semakin maksimal," imbuh alumni Pasca Sarjana Unesa Surabaya itu. 

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com, Bimtek yang dilaksanakan oleh PPK Singgahan dihadiri Komisioner KPU Tuban, Panwascam Sanggahan, dan Ketua beserta anggota PPS dari 12 desa. [Rof/]