Tak Jadi Demo, Nelayan Cantrang Pilih Hearing

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Nelayan cantrang asal Desa/Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban tidak jadi melakukan aksi demonstrasi seperti yang dikabarkan sebelumnya.

Sekitar 15 nelayan cantrang lebih memilih untuk dengar pendapat (hearing) yang disampaikan kepada wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, bertempat di kantor dinas Wabup, Senin (8/1/2018).

[Baca juga: Usai Konvoi, Puluhan Nelayan Aksi di TPI Palang ]

"Kita hearing saja dengan Wabup, kita menyampaikan petisi para nelayan cantrang," kata Kordinator Nelayan Cantrang Palang, Asad.

Selain itu, nelayan cantrang juga berharap agar pemerintah kabupaten Tuban turut berpartisipasi untuk mendukung langkah para nelayan yang terdampak atas aturan menteri tentang pelarangan cantrang.

Sebab, nelayan akan melakukan demonstrasi di Jakarta secara serentak dengan nelayan lain di Indonesia. Nelayan juga akan menyampaikan hasil kajian tentang penggunaan alat cantrang kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Kita minta Pemkab Tuban untuk mendukung dan mendoakan agar tujuan nelayan cantrang di Jakarta berhasil. Semoga Bu Susi mencabut aturan tersebut," pungkas nelayan lain, Agus Abdul Manan, yang juga sekaligus Kades setempat.[nok/ito]