Car Free Day Pertama di Jatirogo, Warga Penuhi Jalan Diponegoro

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kawasan Jalan Diponegoro, Jatirogo ramai dipadati warga yang menikmati hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD). Kegiatan pagi ini merupakan pertama di tahun 2018.

Dari pantauan blokTuban.com sejak pukul 06.00 WIB, Minggu (7/1/2018) tampak banyak kegiatan yang dilakukan warga. Ada yang senam bersama, berjalan santai, berbelanja hingga menikmati hiburan seni budaya.

"Ini awal digelar, harapannya bisa berkesinambungan," ujar ketua pelaksana, Sugiharto saat dikonfirmasi blokTuban.com di lokasi CFD.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana yang membuka acara CFD ini mengapresiasi setinggi-tingginya. Pihaknya berharap kegiatan ini memiliki multi efek untuk kemajuan Jatirogo.

"Saya mengapresiasi kepada karang taruna dan pemerintah kecamatan Jatirogo yang bersinergi mewujudkan kegiatan ini. Jatirogo memang sejak dulu gudangnya orang kreatif," ujar Sekda dalam sambutannya.

Kegiatan CFD ini diresmikan langsung oleh Sekda Kabupaten Tuban. Dalam kegiatan bebas kendaraan bermotor satu-satunya di kecamatan yang ada di Bumi Wali itu, panitia juga akan menampilkan kegiatan pilihan. Diantaranya, olahraga senam bersama, seni musik, lomba mewarnai, perpustakaan gratis, donor darah, dan cek kesehatan.

Acara yang prakarsai pengurus Karang Taruna setempat itu, diklaim memiliki tujuan utama sebagai upaya menumbuhkan dan pembinaan UMKM. Sehingga pelaksanaannya dilakukan secara integral dengan kesenian, edukasi, kesehatan, olahraga sehingga dalam CFD tersebut semua tersentuh dan merasakan hasilnya. [rof/col]