Empat Fakta Menarik Seputar Lapangan Desa Maibit

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com- Lapangan sepak bola yang dipilih untuk dijadikan sebuah perhelatan turnamen sepak bola, tentu merupakan suatu lokasi yang sudah dipertimbangkan kualitasnya. Seperti lapangan sepak bola yang berada di Desa Maibit, Kecamatan Rengel.

Lapangan yang sempat dijadikan lokasi terselenggaranya Piala Bupati Tuban Cup beberapa waktu lalu tersebut, memiliki beberapa fakta menarik untuk diketahui khalayak umum.

Dari data lapangan yang berhasil dihimpun blokTuban.com, berikut ini adalah fakta menarik seputar lapangan Desa Maibit:

1. Pemakaman China sekitar lapangan

Pada lokasi menuju lapangan, terdapat beberapa pemakaman berukuran besar dengan tulisan huruf China yang masih ada hingga kini. Sahal (20), pemuda setempat juga menuturkan, bahwa pernah ada makam China di area dekat lapangan. Saat ini makam tersebut sudah dipindahkan karena adanya proyek perbaikan lapangan.

2. Tribun dari batuan alami

Jika umumnya sebuah lapangan memiliki bangunan tribun yang dirakit dengan besi, di salah satu sisi lapangan tersebut terdapat sebuah tribun beralas batuan alami khas perbukitan kapur setempat yang ditata ulang oleh Pemerintah Desa (Pemdes).

3. Pilihan KONI sebagai zona II Piala Bupati Cup 2017

Pada akhir tahun 2017 lalu, pihak Komisi Olahraga Nasional Indonesia (KONI) menunjuk lapangan Desa Maibit sebagai tempat perhelatan turnamen sepak bola tingkat Kabupaten.

"Sengaja kita pilih lapangan desa ini sebagai zona II turnamen Piala Bupati Tuban Cup dengan berbagai pertimbangan. Intinya lapangan ini punya standarisasi yang bagus untuk sebuah pertandingan," papar Ali Efendi, anggota KONI bagian pertandingan.

4. Peninggalan mantan Kades

Lapangan dengan standart mutu dan kualitas yang dipilih KONI sebagai turnamen akbar se-Kabupaten Tuban itu merupakan salah satu peninggalan dari mantan Kades, Riyadi saat menjabat periode lalu yang ditata ulang serta diperbaiki pada bagian-bagian lapangan. Hingga kini, lapangan tersebut masih dikelola dengan baik oleh pemuda beserta Pemerintah Desa yang dipimpin oleh Ahmad Ali. [feb/col]