CFD Jatirogo Mulai Besok, Jalan Provinsi Tetap Dibuka

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Hari bebas kendaraan atau yang kerap disebut Car Free Day (CFD) di Kecamatan Jatirogo akan digelar mulai besok, Minggu (7/1/2018) pukul 05.00-10.00 WIB. Lokasi acara berada di jalan raya Diponegoro atau timur kantor kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban.

"Sebelumnya akan digelar di Jalan Raya Timur (depan kantor kecamatan) namun oleh Sekretaris Daerah (Sekda) disarankan di Jalan Diponegoro," ujar Camat Jatirogo, Moh Nawawi saat ditemui blokTuban.com di kantor Kecamatan Jatirogo belum lama ini.

Diketahui Jalan Raya Timur merupakan jalan utama atau jalan poros Provinsi yang menghubungkan Jawa Timur dengan Jawa Tengah. Sedangkan Jalan Diponegoro hanya jalan poros kecamatan yang berada di selatan perempatan lampu merah Jatirogo. Sehingga kendaraan yang berasal dari Jawa Tengah atau sebaliknya tetap lancar.

Dikonfirmasi terpisah anggota Polsek Jatirogo, IPDA Suhardi mengatakan, petugas keamanan dan lalulintas telah siap. Sehingga dipastikan kegiatan perdana Car Free Day besok akan berjalan aman.

"Petugas keamanan dan lalulintas telah siap, yaitu dari unsur TNI, Polantas, dan Satpol PP," ungkap Wakapolsek Jatirogo itu.

Diberitakan sebelumnya, dalam kegiatan bebas kendaraan bermotor satu-satunya di kecamatan yang ada di Bumi Wali itu, panitia juga akan menampilkan kegiatan pilihan. Diantaranya, olahraga senam bersama, seni musik, lomba mewarnai, perpustakaan gratis, donor darah, dan cek kesehatan.

Acara yang prakarsai pengurus Karang Taruna setempat itu, diklaim memiliki tujuan utama sebagai upaya menumbuhkan dan pembinaan UMKM. Sehingga pelaksanaannya dilakukan secara integral dengan kesenian, edukasi, kesehatan, olahraga sehingga dalam CFD tersebut semua tersentuh dan merasakan hasilnya. [rof/rom]