PD-PLD Tuban Terima 'Pendamping Teladan' Tingkat Provinsi

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dua orang pendamping desa Progam Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Tuban, mendapat penganugerahan pendamping desa (PD) dan pendamping lokal desa (PLD) teladan tingkat Provinsi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jawa Timur (Dispemad Jatim) dan Konsultan Pendamping Wilayah (KPW) pendamping desa Jatim, Jum'at (29/12/2017). Mereka adalah Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP), Masyari dan PLD, Siti Yumaroh.

Penganugerahan yang bertempat di Royal Plaza Surabaya itu dilangsungkan bersamaan Lomba Vlog 'Desaku Hebat Indonesiaku Kuat'. Ajang penganugerahan itu dinilai dapat memacu semangat mereka untuk bekerja lebih baik lagi.

"Mereka dinilai berdasarkan evaluasi kinerja (evkin) yang berhubungan dengan Tugas dan Pokok serta fungsinya sebagai Pendamping," ujar koordinator Tenaga Ahli (TA) pendamping P3MD Tuban Muhimuddin.

Sementara itu, koordinator KPW Jatim, Andre Dewanto Ahmad mengatakan, adanya ajang penganugerahan ini diharapkan dapat memacu semangat mereka untuk bekerja lebih baik lagi. Sehingga pemanfaatan dana desa di seluruh Jatim bisa terus maksimal.

"Ini tahun pertama digelar penganugerahan, dan mudah-mudahan bisa memacu mereka," tegas Andre.

Hadir pula dalam acara tersebut, Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Pihaknya mengklaim, acara penganugerahan ini menjadi hal yang penting, dan perlu terus ditingkatkan.

Pria yang mencalonkan diri sebagai Gubernur Jatim 2018-2023 itu berharap, acara penganugerahan dapat memberikan inspirasi. Tujuannya menurut Gus Ipul, pendamping bisa lebih inovatif, kreatif menghadapi tantangan yang makin kompleks di tingkat desa.

"Penganugerahan ini memberikan apresiasi kepada Pendamping Desa yang teladan. Dengan harapan agar bisa melakukan yang lebih dari yang biasa," tutup Gus Ipul. [rof/rom]

pendamping-desa2