Bupati Imbau Masyarakat Sukseskan Program Indonesia Sehat

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Terwujudnya keluarga yang sehat dan mandiri merupakan target Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban dalam mengimplementasikan  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui pendekatan keluarga.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda saat menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di Rest Area Tuban, Jumat (15/12/2017).

Menurutnya, pada tahapan awal ini Germas secara nasional berfokus pada tiga hal yang pertama yaitu melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit perhari; yang kedua, agar masyarakat mengonsumsi buah dan sayur terutama yang berasal dari dalam negeri; dan yang ketiga memeriksakan kesehatan secara rutin.

"Saya mengimbau kepada para pimpinan untuk menggalakkan aktivitas fisik, seperti senam di masing-masing OPD dan instansi lain, serta saya akan memerintahkan kepada Dinas Pertanian agar mengembangkan dan memaksimalkan produk unggulan di kabupaten Tuban," terang Bupati Tuban.

Ia berharap agar pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 ini dijadikan momentum bagi insan kesehatan di Kabupaten Tuban untuk melakukan refleksi, untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan program kesehatan yang telah dilakukan baik promotif, preventif, kuratif, maupun  rehabilitatif sebagai upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan, bahwa program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga dan Germas ini merupakan upaya untuk membangun kemandirian keluarga dan masyarakat untuk berlaku hidup sehat.

“Sebagai upaya promotif dan preventif sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, dan terciptalah masyarakat yang produktif dan berperan aktif dalam pembangunan nasional," jelasnya.

Bupati dua petiode ini mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan program Indonesia Sehat, mulai dari diri sendiri dan keluarga. Sehingga program Indonesia Sehat tersebut dapat terwujud.

Diketahui dalam kegiatan ini turut hadir jajaran Forkopimda Kabupaten Tuban, kepala Puskesmas se-Tuban, institusi kesehatan, dan perwakilan lembaga pendidikan di Tuban. Selain itu, pada kegiatan ini Bupati Tuban menyerahkan mobil promosi kepada Plt. Kepala Dinas Kesehatan Tuban.[hud/col]