Tempat Produksi Ribuan Liter Arak di Semanding Digrebek

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Petugas gabungan dari Polsek Semanding, Koramil dan Satpol menggrebek sebuah rumah di Desa Gedongombo, kecamatan setempat, yang digunakan sebagai tempat produksi minuman keras jenis arak, Selasa (12/12/2017).

Dalam penggerebekan tersebut, setidaknya petugas mengamankan ribuan liter arak. Diantaranya, 252 liter arak siap edar dan 4000 liter baceman (arak setengah jadi) yang disimpan pada 20 drum.

Selain itu, juga turut diamankan sejumlah barang bukti yang digunakan untuk berproduksi miras. Seperti kompor, dandang, LPG, selang, bull penampung air dan beberapa bukti lainnya.

"Kita amankan tempat produksi pembuatan arak, ada ratusan liter arak siap edar dan ribuan baceman," kata Kapolsek Semanding, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Desis Susilo.

Pemilik tempat produksi arak tersebut yaitu PSR (49) tak lain adalah warga setempat. Penggrebekan tempat produksi arak itu berdasarkan informasi dari masyarakat yang selanjutnya dikembangkan oleh petugas.

"Kita dapat informasi lalu kita kembangkan dan kita grebek hari ini bersama petugas gabungan," beber Desis.

Petugas saat ini juga masih melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan juga pelaku guna pengembangan informasi. Apakah pelaku masih ada hubungannya terkait jaringan yang sebelumnya ditangkap petugas atau tidak.

"Kita masih kembangkan pemeriksaan, untuk pelaku dijerat dengan UU no 18 th 2012 tentang Pangan," pungkasnya.[nok/col]