Pertamina Klaim Sudah Laksanakan Program CSR

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Belum lama ini, anggota DPRD Kabupaten Tuban Dapil IV (Parengan, Singgahan, Senori, Bangilan, dan Kenduruan) meminta PT Pertamina EP Asset 4 Cepu untuk meningkatkan program coorporate social responsbility (CSR) bagi warga sekitar tambang. Rekomendasi tersebut keluar, setelah berhasilnya perusahaan plat merah itu ketika mengeksplorasi Sumur Tapen B2.

“Ada tiga hal yang menjadi permintaan warga Senori terkait CSR PT. Pertamina Asset 4 Field Cepu,” ujar DPRD Dapil IV, Mukson kepada blokTuban.com.

Tiga rekomendasi tersebut terdiri dari bidang pendidikan, keagamaan, dan pertanian. Sebab, masih banyak sekali tanggungjawab perusahaan untuk mensejahterakan warga Senori, meski sebagian CSR-nya sudah direalisasikan.

“Sebagian memang sudah direalisasi CSR-nya, namun perlu ada peningkatan, sebab kali ini juga bertambah minyak yang dihasilkan dari lapangan Tapen, Senori,” tandas Mukson.

Menanggapi rekomendasi DPRD Dapil IV itu, Asset 4 Goverment & Public Relation Assistent Manager, PT Pertamina EP, Pandji Galih Anoraga mengatakan, untuk wilayah Senori telah dilakukan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan program CSR. Lebih dari itu, kegiatan juga meluas untuk warga Bangilan dan Kenduruan.

"Perusahaan sudah berusaha maksimal, buktinya kita juga telah menyelesaikan kegiatan edukasi untuk anak didik di Madarasah maupun Sekolah Negeri yang ada di wilayah kerja persusahaan," kata Panji saat dikonfirmasi wartawan media ini.

Tidak hanya itu, dalam waktu dekat pihak perusahaan juga akan mengadakan edukasi ke siswa SMP Senori yang berada di ring satu Sumur Tapen. Rencananya kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 14 Desember mendatang.

"Banyak sekali program kami untuk masyarakat. Bahkan saat ini kita juga berangkatkan pemuda Bangilan untuk mengikuti pelatihan las yang dilaksanakan Pertamina. Nantinya jika sudah lulus akan kita minta magang di bengkel yang sudah disiapkan perusahaan," tandas Panji. [rof/col]