Pantauan CCTV, Bengawan Solo dan Kali Kening Masih di Bawah Siaga

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban memantau ketinggian air di sungai Kali Kening dan Bengawan Solo. Dua sungai besar tersebut memang sering meluap ketika musim penghujan, dan membanjiri desa-desa di sekitarnya.

Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiyono, menjelaskan tinggi air di dua sungai itu masih berada di bawah siaga. "Keduanya masih terpantau di bawah siaga pagi ini," terang Joko Ludiyono, Sabtu (25/11/2017).

Kamera pemantau Bengawan Solo berada di Desa Menilo, Kecamatan Soko. Sementara kamera pemantau sungai Kali Kening berada di Desa Kedungjambangan, Kecamatan Bangilan.

"Semoga aman terkendali dan banjir tidak meluap ke pemukiman warga," kata Joko.

Diketahui, hujan deras terutama di wilayah hulu, biasanya berpengaruh pada tinggi air di bengawan. Luberan air dari bengawan berdampak di desa-desa Kecamatan Soko, Kecamatan Rengel, Kecamatan Plumpang, dan Kecamatan Widang.

Sementara sungai Kali Kening yang bermuara di Bengawan Solo, biasanya meluber ketika hujan deras dan berdampak di desa-desa yang ada di Kecamatan Jatirogo, Kecamatan Kenduruan, Kecamatan Bangilan, Kecamatan Singgahan dan Kecamatan Parengan. [hud/ito]