Masalah Bencana, Tuban Urutan 145

Reporter: Moch Nur Rofiq

blokTuban.com - Masalah bencana, Kabupaten Tuban mendapatkan urutan 145 dari 496 kabupaten/kota di Indonesia yang rawan bencana. Potensi bencana di Tuban juga cukup besar dengan skor mencapai 175.

Hal itu diungkapkan Bupati Tuban, Fathul Huda, dalam apel kesiapsiagaan bencana yang digelar di alun-alun Kabupaten Tuban, Jumat (24/11/2017) pagi.

"Kabupaten Tuban menempati urutan 145 dari 496 kabupaten/kota se-Indonesia yang rawan resiko bencana,” ungkap Fathul Huda.

Menjelang musim penghujan, dia meminta seluruh jajaran, Polri, TNI, dan dunia usaha di Tuban bersama-sama mewaspadai potensi bencana di Tuban. Seperti banjir, tanah longsor, angin kencang/puting beliung dan banjir Rob.

"Bencana yang pernah terjadi di Tuban harus kita jadikan pelajaran bersama untuk diminimalisir dan kalau bisa dihilangkan," terang Huda.

Penanganan bencana harus dilakukan sejak dini. Upaya yang bisa ditempuh dengan melalui mitigasi bencana, baik secara struktural ataupun non struktural dengan tujuan menentukan indikator dalam meminimalisir dampak dan resiko bencana. [rof/ito