Avur Jambon Jebol, Sejumlah Jalan dan Bangunan Banjir

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Hujan deras yang mengguyur kabupaten Tuban, Jumat (24/11/2017) sore, membuat avur Jambon yang terletak di Desa Sugiharjo, Kecamatan Tuban jebol.

Akibat jebolnya tanggul, air yang terbendung avur itupun meluber ke sejumlah sungai. Tingginya volume air membuat sejumlah jalan penghubung dan bangunan tergenang banjir.

Jalan penghubung Merakurak-Tuban terkendala karena terjadinya banjir tersebut. Selain itu, bangunan Kantor Koramil Merakurak juga mengalami hal sama.

Kondisi itu diperparah dengan tersumbatnya aliran sungai di Desa Mandirejo akibat tumpukan sampah. Petugas BPBD, TNI dan Polri setempat bersama warga akhirnya kerja bakti untuk membersihkan sampah yang  menyumbat.

"Ini terjadi banjir, karena Avur Jambon Jebol," kata Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Tuban, Taufiq, kepada blokTuban.com saat berada di lokasi.

Dia pun menjelaskan, saat ini petugas telah melakukan penanganan tindakan berupa pembersihan sampah yang menyumbat sungai. Sehingga air kiriman dari Avur Jambon bisa mengalir dengan lancar dan tidak meluber membanjiri wilayah sekitar.

"Kita bersihkan sampah yang menyumbat aliran sungai, bersama TNI Polri dan juga warga," pungkasnya.

Akibat banjir tersebut, jalan utama Merakurak-Tuban sempat terkendala. Para pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat pun tampak melaju hati-hati agar tidak membahayakan diri. [nok/col]