Tergenang Banjir, Petani Jagung Sumberjo Pasrah

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Tingginya curah hujan yang turun di hampir semua daerah Kabupaten Tuban dan sekitarnya, mengakibatkan sejumlah sawah dan ladang pertanian di Kecamatan Rengel terendam Banjir, Sabtu (18/11/2017).

Seperti persawahan padi dan ladang jagung yang berada di Lampah Kidul, Desa Sumberejo, Kecamatan Rengel.

Sudah hampir tiga hari, lahan yang sudah ditanami padi tersebut terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu. Sebagian padi yang telah menguning terpaksa ditebas secara paksa oleh pemiliknya, sedangkan usia padi yang baru ditanam harus direlakan petani karena membusuk dan mati.

Ditemui pada lokasi persawahan yang berdekatan dengan Bengawsan Solo oleh, Sutliah, warga setempat mengaku pasrah akan keadaan tersebut. Jagung miliknya yang berumur 2 bulan sudah terendam air sejak 2 hari ini.

"Ya dibiarkan saja dulu. Nanti kalau air bengawan sudah terbuka lancar, otomatis surut," paparnya ketika sedang melihat-lihat tanaman jagungnya.

Terpisah, pemandangan serupa juga terlihat di persawahan Desa Sawahan, Kecamatan Rengel. Lebih dari 5 hektar ladang padi milik petani setempat terendam air hujan.

"Pasrah saja, nunggu airnya surut sampai kering betul. Entah berapa lamanya, kita sabar," pungkasnya.

Dari kejadian tersebut, petani mengalami banyak kerugian dari segi bibit, maupun tenaga perawatan yang dikeluarkan hingga jutaan rupiah. [feb/ito]