Gus Ipul: Sehat Dekat dengan Keluarga

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf, hadir dalam program pencanangan Sehat Dengan Pendekatan Keluarga, bertempat di Alun-Alun Kabupaten Tuban, kamis (16/11/2017).

Program yang diusung Pemprov Jatim tersebut menekankan agar masyarakat sehat bisa dimulai dari Kelurahan atau Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, hingga bahkan Negara.

“Apabila keluarga sehat, maka nanti akan menjadikan Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, bahkan sampai dengan Negara Indonesia menjadi sehat pula,” kata Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Program yang diusung Pemprov Jatim itu merujuk pada Permenkes 39 tahun 2016. Pemerintah menggalakkan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga yang bertujuan mewujudkan semua keluarga beserta anggotanya mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

Seluruh anggota masyarakat juga menjadi anggota JKN. Berdasarkan Permenkes ini pula, ditetapkan 12 indikator Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga.

"Semua harus sehat, mulai dari kelurahan hingga Negara. Untuk menuju Indonesia sehat," pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, hadir pula kepala dinas kesehatan provinsi, Bupati Tuban, serta jajaran Forkopimda Kabupaten setempat.[nok/col]