Tanam Rumput Gajah untuk Persediaan Pakan Sapi

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Rumput gajah merupakan alternatif pakan hijau yang banyak digunakan peternak untuk mencukupi kebetuhan pangan hewan ternaik seperti sapi ataupun kambing. Tak heran, jika rumput gajah banyak dibudidayakan para petani dan peternak saat ini, seperti petani di Desa Grabagan.

Di kecamatan yang terkenal dengan ciri khas tanah merahnya itu, petani banyak menanam rumput gajah di sawah, ataupun lahan kebun miliknya.

Rumput besar yang kaya akan kandungan nutrisi tersebut akan banyak kita jumpai, baik dari ujung perbatasan Kecamatan Grabagan-Rengel ataupun yang lain.

Salah satu petani setempat, Tamyas mengatakan, mayoritas penduduk di Desa Grabagan banyak membudidayak tanaman rumput gajah.

"Rata-rata, petani di sini punya rumput gajah di lahannya masing-masing," paparnya ketika ditemui blokTuban.com, Rabu (1/11/2017).

Mata pencaharian warga yang rata-rata petani dan peternak, membuat mereka wajib memiliki tanaman tersebut. "Selagi kita di rumah punya ternak sapi dan kambing. Biar lebih produktif, di sawah juga ditanami rumput gajah," imbuh Tamyas sambil meneruskan pekerjaannya.

Dalam proses perawatan, Tamyas hanya perlu memberi semprotan obat ketika rumput sudah dipotong untuk diberikan keternak. "Kalau tanam, pas musim penghujan supaya tidak kualahan kalau kemarau panjang seperti ini," pungkasnya. [feb/rom]