Musim Tanam, Petani Kesulitan Dapatkan Pupuk

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Petani di Kabupaten Tuban, kini kesulitan untuk memperoleh pupuk bersubsidi. Padahal, saat ini tengah memasuki musim tanam ditandai dengan hujan yang mulai turun.

Akibatnya, tanam yang dilakukan oleh petani pun terancam gagal panen, karena sulitnya mencari pupuk yang disediakan pemerintah tersebut.

Salah seorang petani di Desa Kasiman, Kecamatan Kerek, Nur Khakim mengatakan, saat ini sulit untuk mendapatkan pupuk bersubsidi. Padahal, musim tanam baru saja dimulai.

Dia pun kini mulai was-was atas ketidak tersediaannya pupuk bersubsidi di sejumlah agen kios. Sebab, kini telah dimulai musim tanam jagung.

"Ini baru menanam jagung tapi sudah kesulitan mendapatkan pupuk, di kios kalau ditanya sudah tidak ada barang," ujarnya kepada blokTuban.com, Selasa (17/10/2017)

Sementara itu, petani lain di Kecamatan Jenu, Sugeng, juga mengatakan hal sama. Bahwa saat ini pupuk bersubsidi sulit didapat. Dia pun harus bertahan seadanya dengan keberadaan pupuk yang sulit diperoleh tersebut.

"Susah mendapatkan pupuk sekarang, saya juga tidak tahu kenapa ini, yang jelas kita butuh agar tanaman kami sehat hingga bisa dipanen," pungkasnya.[nok/ito]