Panwaslukab Jamin Soal Tak Bocor

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tuban telah melaksanakan tes tulis bagi para pendaftar Panwaslu Kecamatan yang lolos administrasi.

Tes tulis dilaksanakan di salah satu universitas swasta di Tuban, Jumat (6/10/2017). Namun tidak semua peserta yang lolos administrasi menghadiri tes tersebut.

Disinggung mengenai kerahasiaan soal yang dibagikan kepada peserta. Pihak Panwaslu Kabupaten Tuban pun menjamin kerahasiaan soal yang berasal dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur tersebut.

"Soal tes tulis saya jamin aman tidak ada yang bocor," kata Ketua Panwaslukab Tuban, Masrukin kepada wartawan di lokasi tes tulis.

Dia meyakinkan soal yang dikerjakan peserta itu sangat bersifat rahasia, terlebih saat pendistribusian di lokasi tes juga dikawal oleh anggota Bawaslu beserta staffnya.

Jika memang beredar kabar atau bahkan ada yang menyebut soal tentang kepemiluan ini telah dimiliki peserta sebelum tes dilaksanakan, maka bisa dipastikan itu tidak benar alias hoax.

"Kalau ada yang bilang telah memiliki soal sebelum tes dimulai berarti itu tidak benar, itu kabar bohong," pungkas pria asal Plumpang tersebut.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com sebanyak 246 pendaftar Panwaslu Kecamatan dinyatakan lolos oleh komisioner Panwaslukab. Namun yang mengikuti tes tulis hanya 215 orang, sisanya 31 pendaftar tidak hadir.[nok/ito]