Tembakau Tuban Dikirim Hingga Temanggung dan Wonosobo

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ribuan hektar lahan tembakau di Kabupaten Tuban akhir bulan Agustus lalu telah memasuki masa panen raya. Di musim panen yang telah ditunggu-tunggu itu yaitu tepat saat kemarau, menjadi berkah tersendiri bagi para petani.

Pasalnya, hasil panen kali ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu, begitu juga kualitas tembakau yang dihasilkan dari panen musim ini diminati hingga luar daerah seperti Jawa Tengah, yang merupakan kawasan sentral produksi rokok.

"Perhari ada sekitar 30 truk tembakau dari Tuban yang dikirim ke Kabupaten Wonosobo dan Temanggung Jawa Tengah," ujar Kasi Perkebunan Dinas Pertanian Tuban, Suharnowo.

Menurutnya, melihat kualitas tembakau di Tuban ini sudah cukup bagus, namun masih perlu adanya pendampingan dari kemitraan pabrik rokok langsung, agar bisa menghasilkan tembakau yang aroma dan tingkat kadar nikotinya bagus.

"Selama ini dari Dinas sudah melakukan pendampingan mulai dari sosialisasi jelang penanaman sampai perawatan. Tapi lebih bagusnya lagi apabila ada pendampingan dari mitra langsung," pungkasnya.

Sementara itu, salah satu petani tembakau di Desa Kedungrejo, Kecamatan Kerek, Darsini mengaku, musim ini hasil panen tembakau bagus dibandingkan musim lalu. "Cuacanya bagus untuk tanaman tembakau sehingga musim ini hasilnya meningkat dan kualitasnya bagus," kata Darsini [hud/rom]