Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Film Pengkhianatan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) akan digelar secara serentak di seluruh penjuru Kabupaten Tuban, pada 30 September mendatang bersama masyarakat. Hal ini diungkapkan Komandan Kodim (Dandim) 0811 Tuban, Letkol Inf Sarwo Supriyo kepada blokTuban.com, Senin (18/9/2017).

"Pemutaran film G30S/PKI akan di putar tepat pada 30 September besok," ujar Dandim melaui sambungan telepon, siang tadi.

Dandim berharap, dengan pemutaran film tersebut dapat mengingatkan masyarakat agar tidak terlena. Sebab, sejarah mencatat jika di negeri ini pernah terjadi upaya kudeta.

"Sejarah kudeta itu tercatat dan ada kelompok yang berupaya mengubur. Untuk itu kita berusaha mengingatkan lagi kepada masyarakat agar waspada," tegas Dandim.

Lanjut Dandim, sejarah kelam tersebut dinilai cukup menyakitkan. Sebab, para ulama, tokoh, dan pejabat berusaha dimusnahkan untuk menguasai pemerintahan yang sah. Namun atas izin Allah upaya tersebut gagal.

Dengan berjalannya waktu, ungkap Dandim, upaya keinginan memecah belah itu disinyalir tetap menjadi komitmen kelompok yang ingin merong-rong NKRI agar tidak utuh. Gerakan itu diklaim merupakan sebuah ancaman.

"Kalau tidak diingatkan lupa," pungkasnya menandaskan. [rof/col]