Sebentar Lagi Pos Damkar Jatirogo Difungsikan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban memiliki pos pemadam kebakaran (Damkar) di Kecamatan Jatirogo tinggal selangkah lagi. Pasalnya, pembangunan gedung telah dinyatakan selesai tinggal finishing saja.

"Update terakhir, pembangunan pos Damkar Jatirogo sudah selesai tinggal finishing," jelas Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Joko Ludiyono.

Pos Damkar di kecamatan ujung barat Tuban ini, akan menjangkau wilayah Tuban selatan. Sebab, desa-desa di wilayah tersebut sering telat mendapatkan penanganan ketika terjadi kebakaran.

Ketika ditanya wartawan media ini terkait rencana penempatan, pihak BPBD Tuban mengaku belum bisa memastikan. Sebab, harus menyesuaikan yang di lapangan.

"Nunggu pekerjaan tuntas," singkatnya saat ditanya schedule penempatan pos Damkar.

Sebelumnya, penanganan kebakaran di beberapa kecamatan di Tuban, terutama di Parengan, Singgahan, Senori, Bangilan, Jatirogo dan Kenduruan memang terkendala jarak yang jauh dengan pos Damkar yang ada di wilayah Tuban kota. Dibutuhkan waktu lebih dari satu jam untuk mencapai kecamatan-kecamatan itu sehingga sering bencana kebakaran tidak tertangani dengan maksimal.

Dengan adanya pos Damkar di Jatirogo, mantan Camat Grabagan itu berharap bisa menangani kebakaran-kebakaran yang ada di wilayah Tuban bagian selatan. Masyarakat juga diharapakan sigap dengan segera menghubungi pos Damkar dengan menghubungi 0356 321016 atau 0356327922 apabila mengetahui informasi kebakaran. [rof/ito]