PCNU Tuban Apresiasi Upaya PBNU Kawal Perpres PPK

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tuban mengapresiasi intensifnya komunikasi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dengan pemerintah terkait Perpres Peningkatan Pendidikan Karakter (PPK) peserta didik.

Pihaknya menganggap Perpres PPK sebagai solusi yang tepat terkait masalah pendidikan di Indonesia saat ini. PPK sendiri diyakini banyak kalangan tidak akan mengesampingkan madrasah diniyah dan TPQ.

"PCNU Tuban mengapresiasi dan mendukung penuh upaya-upaya yang dilakukan PBNU, dengan disahkannya Perpres terkait PPK," ujar Sekretaris PCNU, M. Amenan kepada blokTuban.com.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengundang Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj ke Istana Negara untuk membahas Perpres Peningkatan Pendidikan Karakter. Kemudian, terbit Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang didukung penuh semua pihak termasuk organisasi kemasyarakatan (Ormas).

Perpres ini diterbitkan karena muncul penolakan terhadap Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah.

Seluruh kalangan Nahdliyin dari pusat hingga daerah sebelumnya keras menolak kebijakan itu karena mengatur delapan jam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sebab, dinilai dapat mematikan pelajaran dan sekolah agama nonformal seperti madrasah diniyah yang sudah membudaya itu.

"PCNU Tuban merasa bersyukur atas diterbitkannya Perpres tersebut," pungkasnya menandaskan.[rof/col]