Dampak Mengkonsumsi Kambing Pemakan Sampah Bagi Kesehatan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Menjelang Idul Adha, banyak sekali masyarakat berbondong-bondong membeli hewan kurban termasuk kambing. Namun, pernakah anda berfikir dampak mengkonsumsi kambing yang biasa memakan sampah setiap harinya?

Seolah-olah tidak bermasalah, namun ternyata bahaya bagi kesehatan sangat nyata, terlebih jika kambing tersebut salah memakan sampah yang mengandung bahan kimia.

Menurut Dokter Bambang Lukmantono, dampak mengkonsumi daging kambing yang biasa memakan sampah mempunyai efek negatif atau tidak bagus bagi kesehatan. Sebab, tidak semua sampah baik untuk dimakan kambing tersebut.

"Kalau sampahnya organik masih layak dimakan kambing tidak masalah, namun jika sampah sudah tidak layak tentu tidak baik bagi pencernaan hewan itu, dan bisa berdampak bagi yang mengkonsumsinya," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Dokter umum tersebut juga menjelaskan, jika kambing memakan sampah yang sudah mengandung kotoran dan bakteri salmonella typhosa, maka bisa menyebabkan penyakit tipus.

"Kalau mengandung bakteri ya bisa menyebabkan penyakit tipus, yang jelas ada efeknya mengkonsumsi kambing pemakan sampah, jadi konsumen harus cerdas memilih kambing," pungkasnya. [nok/rom]