Berikut Program Unggulan yang Dilauncing PT. Semen Gresik

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Program Unggulan Corporate Social Responsibility (CSR) tahun 2017, merupakan satu kesatuan terintegrasi yang saling menopang dan mendukung license to operate masyarakat dalam operasional perusahaan.

Yang paling utama, program pengembangan masyarakat yang dilakukan oleh perusahaan selalu direncanakan dan dilaksanakan dalam konsep yang berbasis pada potensi sumber daya lokal, diantaranya sumber Daya Alam Lokal, sumberdaya manusia lokal, sumberdaya institusional lokal.

Direktur Utama (Direktur) PT. Semen Gresik, Gatot Kustyadji menyampaikan, beberapa program-program CSR Unggulan PT Semen Gresik Tahun 2017 akan disalurkan dan diserahkan kepada berbagai unsur masyarakat, baik di area pengembangan utama perusahaan maupun seluruh Kabupaten Tuban.

Program-program unggulan tersebut adalah:

1. Bantuan Forum Masyarakat Kokoh (FMK) atau Forum Multistakeholder. Di tahun 2017 ini, Semen Gresik kembali menyerahkan bantuan FMK senilai Rp7,25 miliar di 26 desa dan 3 kecamatan dengan fokus pada program-program pemberdayaan masyarakat dan mendorong kemitraan serta keterlibatan bersama segenap pemangku kepentingan dalam pelaksanaannya.

2. Bantuan Sapi Qurban Memperingati Idul Adha 1438 H. Sebagai bentuk partisipasi dalam memperingati Hari Raya Idul Adha 1438 H, Semen Gresik menyalurkan 34 ekor sapi qurban kepada masyarakat di seluruh Kabupaten Tuban. Bantuan tersebut akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Tuban, DRPD Tuban, Masjid Agung Tuban, 26 Desa sekitar perusahaan, Panitia Idul Qurban Semen Gresik, dan lembaga-lembaga lainnya yaitu senilai Rp903.500.000.

3. Bantuan Bedah Rumah Tak Layak Huni. Dalam upaya mendukung program pengentasan kemiskinan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah Kabupaten Tuban, Semen Gresik berkomitmen untuk melaksanakan program tersebut sebanyak 40 rumah senilai total Rp1,8 miliar. Bantuan bedah rumah tersebut akan diperuntukkan bagi masyarakat pra sejahtera di area pengembangan perusahaan maupun di seluruh area Kabupaten Tuban.

4. Bantuan Pendampingan Petani Greenbelt. Perusahaan telah membangun kerjasama erat dengan salah satu mitra strategis perusahaan yaitu para petani pengelola sabuk hijau area tambang atau yang kami sebut sebagai Petani Greenbelt. Hingga tahun 2017, total petani greenbelt yang mengelola lahan perusahaan adalah sebanyak 328 orang dan terbagi dalam 20 kelompok petani dari desa-desa terdekat.

"Seluruh program CSR unggulan PT Semen Gresik tersebut direncanakan dan dilaksanakan dengan berbasis pada pemberdayaan sumber daya lokal, untuk memastikan terciptanya pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development)," ungkap Durut PT. Semen Gresik.

Ditambahkan, dengan kontribusi CSR Semen Gresik yang senantiasa meningkat setiap tahunnya yaitu 22 miliar pada 2014, 24 miliar pada 2015, dan 25 miliar pada 2016, menunjukkan posisi strategis community development dalam memastikan keberhasilan bisnis Semen Gresik yang tetap berpadu dengan kepentingan masyarakat dan keberlanjutan lingkungan.

Sementara itu, Bupati Tuban KH. Fathul Huda mengungkapkan, bahwa PT. Semen Gresik ini sudah berkomitmen dengan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban diantaranya adalah menekan angka kemiskinan dan pengangguran.

"Programnya bagus, tadi juga ada program bedah rumah tak layak huni. Diharapkan program tersebut bersinergi dengan program Pemkab, matematis dan tepat sasaran," pungkasnya. [hud/rom]